PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA MUHAMMDIYAH 2 PALEMBANG

Riski Lestari Fepiani, NIM. 342014044 (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA MUHAMMDIYAH 2 PALEMBANG. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014044_BAB I_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
342014044_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf

Download (986kB) | Preview

Abstract

Fepiani, Riski Lestari. 2018. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (SI). Fakultas Kuguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. Nizkon, M.Si (II) Naintyn Novitasari, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Virus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang berjumlah 3 kelas, sampel yang diteliti adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata tes awal sebesar 41% dan mengalami peningkatan ratarata tes akhir sebesar 67%. Hasil belajar afektif pada kelas eksperimen meliputi kedisiplinan sebesar 83,33% dengan kriteria baik, bekerjasama sebesar 82,29% dengan kriteria baik, tanggung jawab sebesar 81,77% dengan kriteria baik. Hasil belajar psikomotor pada kelas eksperimen meliputi laporan diskusi sebesar 81,77% dengan kriteria baik, penampilan depan kelas sebesar 80,72% dengan kriteria baik, keaktifan sebesar 80,20% dengan kriteria baik. Hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol diperoleh rata-rata tes awal sebesar 28% dan pada tes akhir mengalami peningkatan sebesar 46%. Hasil belajar afektif pada kelas kontrol meliputi kedisiplinan sebesar 79,16% dengan kriteria baik, bekerjasama sebesar 74,47% dengan kriteria baik, tanggung jawab sebesar 73,43% dengan kriteria cukup. Hasil belajar psikomotor pada kelas kontrol meliputi laporan diskusi sebesar 75,52% dengan kriteria baik, penampilan depan kelas sebesar 73,43% dengan kriteria baik, keaktifan sebesar 75% dengan kriteria baik. Analisis data menggunakan independent sampel t-test untuk melihat pengaruh pendekatan saintifik diperoleh nilai 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media tiga dimensi terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Drs. Nizkon,M.Si 2.Naintyn Novitasari,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Virus
Subjects: Biologi > Evolusi dan Genetika
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Mar 2019 03:20
Last Modified: 06 Mar 2019 03:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3077

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.