PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK TERINTEGRASI MODEL PBL MATERI MUTASI BERBANTUAN BIOINFORMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI DI SMA MUHAMMADIYAH PALEMBANG

AGUSTIN DWI CAHAYU, NIM.93222005 (2024) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK TERINTEGRASI MODEL PBL MATERI MUTASI BERBANTUAN BIOINFORMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI DI SMA MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Tugas Akhir thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93222005_ BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
93222005_ BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
93222005_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text
93222005_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
93222005_ BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
93222005_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
93222005_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
93222005_ COVER_ SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Keterampilan abad-21 yaitu suatu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh setiap orang agar berhasil dalam menghadapi tantangan, permasalahan, di abad-21. Keterampilan yang harus dikuasai pada abad-21 yaitu berpikir kritis, pemecahan masalah, kreativitas, inovasi, kolaborasi dan komunikasi. Selain itu seseorang juga harus menguasai literasi teknologi, informasi dan komunikasi. Tujuan penelitian mengembangkan LKPD elektronik terintegrasi problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik pada materi mutasi. Populasi penelitian SMA Muhammadiyah 1 Palembang, dan sampel penelitian peserta didik XII MIPA BL dan XII MIPA 2.Metode penelitian menggunakan 4D yaitu define, design, develop dan disseminate (Thiagarajan, 1974). Teknik pengumpulan data angket kebutuhan guru dan peserta didik. Analisis data uji Normalitas, uji Homogenitas, uji Wilcoxon, uji Mann Whitney, dan N-gain. Hasil define bahwa guru dan peserta didik membutuhkan LKPD materi mutasi karena membantu dan mempermudah peserta didik untuk meningkatkan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik.Hasil design membuat soal berpikir kritis dan format rancangan LKPD elektronik. Hasil develop kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dari aspek evaluasi 89% (kategori sangat baik), bahasa 83% (kategori sangat baik), aspek perangkat pembelajaran 93% (kategori sangat baik),aspek materi 97% (kategori sangat baik), aspek media 83% (kategori sangat baik) dan aspek bahan ajar 86% (kategorikan sangat baik). Soal berpikir kritis berjumlah 7 dikatakan valid dengan reliabilitas 0,825 kategori sangat baik. Hasil disseminate uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney yaitu ada perbedaan antara hasil belajar peserta didik pretest-posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kepraktisan bahan ajar dikategorikan praktis oleh guru dengan persentasi 93% (kategori sangat praktis) dan bahan ajar dapat terbaca dengan sangat baik oleh peserta didik persentasi 84% (kategori sangat kuat). Keefektivitas LKPD elektronik terintegrasi PBL lebih mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis daripada bahan ajar kontrol dimana nilai N-gain kelas kontrol 0,6 (kriteria sedang) dan kelas eksperimen 0,9 (kriteria tinggi). Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, Kolaborasi, LKPD Elektronik, Mutasi, Problem-Based Learning.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Meli Astriani, M.Si 2. Dr. Wulandari Saputri, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis, Kolaborasi, LKPD Elektronik, Mutasi, Problem-Based Learning.
Subjects: Biologi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 14 May 2025 02:46
Last Modified: 14 May 2025 02:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30664

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.