Selpiana, 93222006 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO IPA INTERAKTIF BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI. Tugas Akhir thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
93222006_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (904kB) | Preview |
|
![]() |
Text
93222006_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
|
![]() |
Text
93222006_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
![]() |
Text
93222006_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
93222006_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
![]() |
Text
93222006_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
![]() |
Text
93222006_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
93222006_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi merupakan dua keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada pembelajaran abad 21. Keterampilan pembelajaran abad 21 dapat didukung dengan bahan ajar kreatif dan inovatif, namun faktanya guru masih belum mengembangkan bahan ajar yang kreatif secara mandiri dan masih bersumber dari penerbit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video IPA interaktif berbasis PBL yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik pada materi sistem peredaran darah. Penelitian dilakukan di MTs Al Ittifaqiah Indralaya dan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII.9. Metode penelitian menggunakan model pengembangan 4D mengacu pada Thiagarajan dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, observasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan produk yang dikembangkan. Hasil define menunjukkan bahwa guru dan peserta didik membutuhkan video pembelajaran pada materi sistem peredaran darah agar pembelajaran menarik dan mudah dipahami. Hasil design yaitu membuat soal berpikir kritis, angket kolaborasi dan format rancangan video IPA interaktif berbasis PBL. Hasil develop berupa kelayakan video IPA interaktif berbasis PBL yang dikembangkan dari aspek bahasa 95,83% (kategori sangat baik), aspek perangkat pembelajaran 90,8% (kategori baik), aspek materi 89,58% (kategori sangat baik), aspek media 81,6% (kategori sangat baik), aspek evaluasi soal berpikir kritis 90,7% (kategori sangat baik) dan aspek evaluasi angket kolaborasi 98,21% (kategori sangat baik) sehingga video IPA interaktif berbasis PBL dikategorikan sangat baik. Hasil disseminate uji T, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik melalui pretest�posttest. Hasil angket kolaborasi penilaian diri 87,10% dan penilaian antar teman 87,38% dengan kriteria sangat baik. Kepraktisan video IPA interaktif berbasis PBL dikategorikan praktis oleh guru dengan persentase 95,8% dan bahan ajar dapat terbaca dengan sangat baik oleh peserta didik dengan persentase 75%. Keefektivitas video IPA interaktif berbasis PBL didapatkan dari nilai N-gain yaitu 0,65 (kriteria sedang). Sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan media ajar bagi guru dalam proses pembelajaran di kelas agar kolaborasi peserta didik dapat berjalan secara efektif. Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, Kolaborasi, Video IPA Interaktif, Sistem Peredaran darah, Problem-Based Learning.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Wulandari Saputri, M.Pd 2. Dr. Astrid Sri Wahyuni Sumah, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci Tesis di ABSTRAK |
Subjects: | Dokumen FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:41 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:41 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |