Yelda Pertia Merlinda Putri, NIM, 162021033 (2025) ANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI GOJEK PADA GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
162021033_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
162021033_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
![]() |
Text
162021033_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
![]() |
Text
162021033_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
|
![]() |
Text
162021033_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
![]() |
Text
162021033_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
![]() |
Text
162021033_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
![]() |
Text
162021033_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat telah mendorong pertumbuhan layanan transportasi online, salah satunya adalah Gojek. Aplikasi ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sehingga ulasan pengguna di Google Play Store menjadi sumber informasi penting bagi pengembang dalam meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap ulasan aplikasi Gojek dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Data yang digunakan diambil dari platform Kaggle, terdiri dari 346.500 ulasan dalam rentang waktu 9 Oktober 2021 hingga 28 Oktober 2024.Tahapan penelitian mencakup pengumpulan data, preprocessing (case folding, tokenizing, stopword removal, stemming), ekstraksi fitur menggunakan TF-IDF, serta klasifikasi menggunakan algoritma Naïve Bayes Multinomial. Data dibagi menjadi tiga kategori sentimen: positif, negatif, dan netral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Naïve Bayes memiliki tingkat akurasi sebesar 90%, dengan precision 92%, recall 89%, dan F1-score 90%.Dari hasil analisis, ditemukan bahwa mayoritas ulasan pengguna bersentimen positif, yang menunjukkan kepuasan terhadap layanan Gojek. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembang aplikasi Gojek dalam meningkatkan layanan berdasarkan persepsi pengguna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Karnadi, S.Kom., M.Kom 2. Ir. Zulhipni Reno Saputra Elsi, S.T.. M.Kom |
Subjects: | Ilmu Komputer Teknologi informasi > pangkalan data Teknologi informasi > perangkat lunak Teknologi informasi > program |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 10 May 2025 06:44 |
Last Modified: | 10 May 2025 06:44 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |