Nelly Agustin, NIM 502021103 (2025) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA DEPOT KAYU DAN PEMASOK ATAS KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PRODUK CACAT BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
502021103_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
|
![]() |
Text
502021103_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
![]() |
Text
502021103_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
![]() |
Text
502021103_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
|
![]() |
Text
502021103_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
|
![]() |
Text
502021103_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
![]() |
Text
502021103_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (38MB) |
Abstract
Indonesia yang memiliki sumber daya alam melimpah, industri kayunya berkembang pesat, dengan peran penting depot dan pemasok kayu dalam distribusi produk kayu untuk berbagai kebutuhan. Namun, produk kayu sering kali cacat baik secara fisik maupun struktural, menimbulkan kerugian bagi konsumen, terutama terkait kegagalan bangunan atau hasil akhir yang tidak sesuai dengan kualitas yang dijanjikan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaturan hukum terkait tanggung jawab pelaku usaha depot kayu dan pemasok terhadap produk cacat menurut UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di Kota Palembang? (2) Apa saja bentuk pertanggungjawaban yang dapat diterapkan kepada pelaku usaha depot kayu dan pemasok dalam hal produk yang dijual cacat di Kota Palembang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hukum sosiologis dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, yang melibatkan observasi dan wawancara dengan pihak terkait, pelaku usaha Depot Kayu Cahaya Abadi, dan pemasok Depot Kayu Sinar Baru. Data yang terkumpul dianalisis secara tekstual dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengaturan hukum terkait tanggung jawab pelaku usaha depot kayu dan pemasok terhadap produk cacat di Kota Palembang, diatur dalam UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang menegaskan kewajiban pelaku usaha, termasuk Depot kayu Cahaya Abadi dan Depot Kayu Sinar Baru untuk melindungi konsumen melalui informasi yang jelas, keamanan produk, dan kompensasi atas kerugian akibat produk cacat. (2) Bentuk pertanggungjawaban yang diterapkan adalah tanggung jawab mutlak (strict liability), di mana pelaku usaha bertanggung jawab atas kerugian konsumen tanpa mempertimbangkan kesalahan. Penyelesaian konflik dilakukan melalui mediasi langsung, dengan alternatif penyelesaian sengketa melalui pihak ketiga jika mediasi gagal. Kata kunci: Tanggung jawab pelaku usaha, Produk cacat, Hukum Perlindungan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : H. Abdul Hamid Usman, S.H., M.Hum Pembimbing II : Mona Wulandari, S.H., M.H. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Tanggung jawab pelaku usaha, Produk cacat, Hukum Perlindungan Konsumen |
Subjects: | Ilmu Hukum > Hukum Perdata |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Hukum |
Date Deposited: | 13 May 2025 03:40 |
Last Modified: | 13 May 2025 03:40 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |