Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall game terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran sarana dan prasarana di Kelas 11 MPLB SMK Pembina 1 Palembang.

Yesta Gustia Furi, 322021012 (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall game terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran sarana dan prasarana di Kelas 11 MPLB SMK Pembina 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322021012_COVER_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
322021012_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
322021012_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
322021012_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text
322021012_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
322021012_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
322021012_ Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
322021012_ Coper_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan pendidikan di era Society 5.0 menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknologi tidak lagi hanya menjadi alat bantu melainkan media yang mampu meningkatkan efektivitas dan motivasi belajar siswa. Salah satu media teknologi yang bisa dimanfaatkan adalah Wordwall game, yaitu aplikasi berbasis web yang menyediakan permainan interaktif dan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Melalui Wordwall, siswa bisa terlibat aktif dalam pembelajaran berbasis permainan yang mendorong minat dan motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Wordwall game terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MPLB SMK Pembina 1 Palembang. Kelas tersebut dipilih karena siswa di tingkat ini membutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan mampu membangkitkan semangat belajar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study, di mana data dikumpulkan dari 26 siswa melalui angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Korelasi Product Moment untuk menguji hubungan antara penggunaan Wordwall game dan motivasi belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dengan nilai korelasi sebesar Rhitung 0,629 > Rtabel 0,388. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan seperti Wordwall memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar. Berdasarkan uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya penggunaan Wordwall game berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru memanfaatkan media pembelajaran interaktif seperti Wordwall game dalam proses belajar-mengajar. Penggunaan teknologi semacam ini mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Dengan demikian, teknologi pendidikan seperti Wordwall memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama dalam menjawab tantangan pembelajaran di era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Rytha Petrossky, M.Si. 2. Winda Lestari, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Wordwall Game, Motivasi Belajar.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Sekolah Swasta
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 May 2025 04:25
Last Modified: 03 May 2025 04:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30327

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.