PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK TERINTEGRASI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI MUTASI

Lidya Husnita, NIM. 93220001 (2023) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK TERINTEGRASI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI MUTASI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93220001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
93220001_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
93220001_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
93220001_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
93220001_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
93220001_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
93220001_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
93220001_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Husnita, Lidya. 2023. Pengembangan LKPD Elektronik Terintegrasi Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Mutasi. Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Strata II Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Wardhani, M.Si. (II) Dr. Wulandari Saputri, M.Pd. Pendidikan di Indonesia harus mulai berorientasi pada keterampilan abad 21, salah satunya berpikir kritis. Fakta ditemukan bahwa keterampilan berpikir kritis di SMA Negeri Palembang masih rendah, yaitu 25,95―42,55. Keterampilan abad 21 berbasis digital dalam menunjang bahan ajar kreatif dan inovatif, namun faktanya bahan ajar yang digunakan masih belum berbasis model pembelajaran dan masih bersumber dari penerbit. Tujuan penelitian mengembangkan LKPD elektronik terintegrasi problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi mutasi. Populasi penelitian SMA Negeri 9 Palembang, dan sampel penelitian peserta didik XII IPA 6 dan XII IPA 4. Model penelitian menggunakan 4D, yaitu define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data angket kebutuhan guru dan peserta didik. Analisis data uji Normalitas, uji Homogenitas, uji Wilcoxon, uji Mann Whitney, dan N-gain. Hasil define bahwa guru dan peserta didik membutuhkan LKPD materi mutasi karena membantu, memudahkan peserta didik berpikir kritis. Hasil design membuat soal berpikir kritis dan format rancangan LKPD elektronik. Hasil develop kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dari aspek bahasa 75% (kategori baik), aspek perangkat pembelajaran 79% (kategori baik), aspek materi 85% (kategori sangat baik), aspek media 81% (kategori sangat baik) sehingga bahan ajar dikategorikan sangat baik. Soal berpikir kritis berjumlah 11 dikatakan valid dengan reliabilitas 0,884 kategori sangat baik. Hasil disseminate uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney, yaitu ada perbedaan antara hasil belajar peserta didik pretest-posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kepraktisan bahan ajar dikategorikan praktis oleh guru dengan persentasi 88% dan bahan ajar dapat terbaca dengan sangat baik oleh peserta didik persentasi 82%. Keefektivitas LKPD elektronik terintegrasi PBL lebih mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis daripada bahan ajar konvensional, dimana nilai N-gain kelas kontrol 0,61 (kriteria sedang) dan kelas eksperimen 0,74 (kriteria tinggi). Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, LKPD Elektronik, Mutasi, Problem-Based Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Dr. Wulandari Saputri, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis, LKPD Elektronik, Mutasi, Problem-Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 26 Apr 2025 04:02
Last Modified: 26 Apr 2025 04:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30189

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.