M FIQRI AL BUCHORY, 342020027 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
![]() |
Text
342020027.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Literasi sains merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh peserta didik, sebab kemampuan literasi yang baik memungkinkan seseorang untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi secara efektif dan mendukung peserta didik untuk menciptakan tata cara sendiri untuk memecahkan suatu permasalahan berdasarkan penyelidikan yang mereka lakukan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap literasi sains peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Palembang pada materi ekosistem. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan literasi sains sebanyak tujuh soal berbentuk essai yang terintegrasi 5 indikator literasi sains menurut Programme for International Assessment (PISA). Hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan atau nyata antara kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan Sig 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Palembang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning lebih berpengaruh dari pada tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Ekosistem.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | DR. Sri Wardhani, M.Si Rindi Novitri Antika, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: problem based learning, literasi sains, ekosistem |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ferawati Irawan |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 01:39 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 01:39 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |