STRATEGI PEMASARAN SYARI’AH USAHA KERUPUK KEMPLANG DI CEK BAYA KEMPLANG KELURAHAN TIGA PULUH ENAM ILIR KECAMATAN GANDUS PALEMBANG

MUHAMMAD ROBBY JUNAEDI, 642020022 (2024) STRATEGI PEMASARAN SYARI’AH USAHA KERUPUK KEMPLANG DI CEK BAYA KEMPLANG KELURAHAN TIGA PULUH ENAM ILIR KECAMATAN GANDUS PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
642020022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Strategi pemasaran bisa dipandang sebagai salah satu dasar yang digunakan dalam menata perencanaan sebuah perusahaan ataupun pabrik secara menyeluruh. Dalam aktivitas pemasaran sering kali mendapati orang yang tidak jujur dan terjadi penipuan, tetapi jika menerapkan sistem Islam dalam pemasaran maka hal-hal serupa tidak akan terjadi. Pada dasarnya, bagi umat Islam Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kita bagaimana sistem pemasaran Islam. Namun, karena banyak yang telah bertumpu pada sistem pemasaran konvensional, maka sistem pemasaran syariah kurang dikenal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian ini dilakukan di Usaha Kecil Menengah Kerupuk Kemplang Cek Baya Jalan Kadir T.K.R Nomor 626 Kelurahan 36 Ilir Kecamatan Gandus Kota Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Hasil dari analisis efektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan penjualan dan pernah mengalami penurunan penjualan hal ini dapat dijadikan sebagai acuan efektifitas strategi pemasaran dalam persaingan antar pabrik kerupuk. Untuk mempunyai daya saing serta keberlanjutan usaha, Usaha Kecil Menengah harus merespon perubahan inovasi teknologi yang cepat, fokus pada kebutuhan jangka panjang, membuahkan kinerja yang handal, serta kemampuan pemakaian teknologi. Faktor-faktor pendukung keberlanjutan upaya harus ditingkatkan pada kegiatan usaha untuk mendukung keberlanjutan Usaha Kecil Menengah. Data yang disebutkan sebelumnya telah membuktikan begitu besarnya variabel tersebut berpengaruh terhadap Usaha Kecil Menengah Kerupuk Kemplang Cek Baya itu sendiri, meskipun demikian bisnis Usaha Kecil Menengah tidak selalu berjalan mulus, masih banyak hambatan dan kendala, baik yang bersifat internal maupun eksternal yang harus dihadapi oleh para pelaku Usaha Kecil Menengah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran syariah, Daya Saing, UMKM, Analaisis SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. M. Jauhari, S.E., M.Si 2. Dr. Idmar Wijaya, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Pemasaran syariah, Daya Saing, UMKM, Analaisis SWOT.
Subjects: Ekonomi Syariah > Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Dwi Augustiana
Date Deposited: 09 Apr 2025 04:40
Last Modified: 09 Apr 2025 04:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30090

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.