ANALISIS UNSUR HARA PUPUK BOKASHI PADAT DARI LIMBAH TULANG IKAN SEBAGAI KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN KELAS XII

MERLI RAHMA DWI, NIM. 342019004 (2024) ANALISIS UNSUR HARA PUPUK BOKASHI PADAT DARI LIMBAH TULANG IKAN SEBAGAI KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN KELAS XII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
342019004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
342019004_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)

Abstract

Analisis Unsur Hara Pupuk Bokashi Padat dari Limbah Tulang Ikan sebagai Kontribusi Pembelajaran pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII Abstrak Salah satu bentuk pengelolaan limbah organik adalah pembuatan pupuk organik yang dapat mengurangi masalah limbah sekaligus menciptakan nilai ekonomi dari limbah. Limbah tulang ikan belum termanfaatkan dengan baik maka cara pemanfaatannya adalah dengan mengolah menjadi pupuk organik. Salah satu jenis pupuk organik yang banyak dikembangkan saat ini adalah bokashi (bahan organik kaya akan sumber hayati). Tulang ikan mengandung 60-70% mineral, yang terdiri dari kalsium (Ca), fospor (P), bikarbonat (HCO3), magnesium (Mg), natrium (Na), kalium (K), tembaga (Cu), seng (Zn), dan mangan (Mn). Adanya kandungan mineral ini dapat menambah kandungan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan unsur hara yang terdapat pada pupuk bokashi padat dari limbah tulang ikan sebagai kontribusi pembelajaran biologi di SMA Kelas XII pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara membuat pupuk bokashi padat dari limbah tulang ikan, kemudian pupuk tersebut dianalisis kandungan unsur hara di Laboratorium PT. Bina Sawit Makmur, Sampoerna Agro Tbk Palembang. Hasil penelitian meliputi temperatur pupuk sebesar 30°C, nilai pH yaitu 5,63, C/N ratio 8,19, C-Organik 21,58%, nitrogen (N) 2,63%, fospor (P) 5,51%, kalium (K) 0,60%, kalsium (Ca) 7,45%, magnesium (Mg) 0,51%, seng (Zn) 109.56 mg/kg, besi (Fe) 0,14 %, mangan (Mn) 0,02%, bau seperti tape, tekstur, dan warna coklat kehitaman. Maka dapat disimpulkan bahwa semua parameter pengamatan dari pupuk bokashi padat limbah tulang ikan telah memenuhi persyaratan teknis minimal pupuk organik menurut SNI 19-7030-2004 dan SNI 7763:2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: unsur hara, pupuk bokashi, tulang ikan
Subjects: Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:30
Last Modified: 12 Jun 2024 04:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29722

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.