PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 197 PALEMBANG

UMI RISMA SARI, NIM. 622020036 (2024) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 197 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
622020036_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622020036_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
622020036_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
622020036_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
622020036_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
622020036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
622020036_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
62020036_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kedisiplinan adalah fondasi utama dalam mencapai kesuksesan. Di lingkungan pendidikan, kedisiplinan menjadi kunci untuk menjalankan proses pembelajaran dengan lancar. Hal ini menuntut sikap disiplin dari para siswa dalam mematuhi aturan dan tata tertib yang telah ditetapkan, sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dengan baik. Namun, di Sekolah Dasar Negeri 197 Palembang, kedisiplinan siswa masih membutuhkan perbaikan. Masih banyak siswa yang belum menginternalisasi tata tertib sekolah dengan baik, dan inilah yang menuntut upaya lebih lanjut dalam meningkatkan kedisiplinan di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui peran guru Pendidikan agama Islam dalam menerapkan nilai kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 197 Palembang, dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam penerapan nilai-nilai kedisiplinan siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sumber data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru Pendidikan agama Islam dalam menerapkan nilai-nilai kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 197 Palembang dapat dilakukan dengan mengajarkan keteladanan dan bimbingan yang baik kepada para siswa serta menjadi motivator untuk para siswa. Faktor penghambat dalam penerapan nilai-nilai kedisiplinan siswa bisa dipengaruhi oleh (1) Kepribadian siswa (2) Pertemanan siswa. Sedangkan faktor pendukung dalam peran guru Pendidikan agama Islam dalam menerapkan kedisiplinan siswa adalah dengan (1) Bantuan dari orang tua siswa (2) Kerja sama para guru dan orang tua (3)Sarana dan prasarana yang memadai. Untuk mengatasi tantangan ini, guru melakukan Kerjasama dengan orang tua siswa dalam mengajarkan kedisiplinan kepada para siswa. dengan memberi contoh dan menetapkan aturan yang konsisten. Guru menjelaskan materi sedemikian rupa sehingga dapat dipahami siswa dan memberikan solusi kepada siswa yang menemui permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I 2. Dr. Abu Hanifah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Kedisiplinan
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Disipilin Sekolah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 28 May 2024 03:37
Last Modified: 28 May 2024 03:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29544

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.