ANALISIS KELAYAKAN DESAIN PENANGKARAN DAN PERILAKU RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) PADA PENANGKARAN RUSA DI PUSRI PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

RIDHO KURNIATULLAH, 452019016 (2024) ANALISIS KELAYAKAN DESAIN PENANGKARAN DAN PERILAKU RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) PADA PENANGKARAN RUSA DI PUSRI PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
452019016_BAB I_Daftar Pustaka.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
452019016_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
452019016_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
452019016_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
452019016_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
452019016_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
452019016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
452019016_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RIDHO KURNIATULLAH . Analisis Kelayakan Desain Penangkaran dan Perilaku Rusa Sambar (Cervus Unicolor) Pada Penangkaran Rusa di Pusri Palembang Provinsi Sumatera Selatan. (Dibimbing oleh ASVIC HELIDA dan FATAHUL AZWAR) . Rusa sambar tersebar diberbagai negara mulai dari India, Cina bagian Selatan, Filipina, Sri Lanka hingga Asia Tenggara. Di Indonesia, penyebaran rusa sambar dapat ditemukan di Sumatera, Kalimantan dan Kepulauan Bangka Belitung. Masalah populasi rusa sambar disebabkan oleh meningkatnya tekanan pada habitat rusa sambar karena semakin banyak dibukanya kawasan hutan menjadi non-hutan, selain itu perburuan yang terus berlanjut telah mempercepat penurunan habitatnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat kajian/analisis kelayakan desain penangkaran rusa sambar milik PT. Pusri Palembang berdasarkan referensi yang ada, serta mengetahui pola perilaku harian rusa sambar pada penangkaran rusa milik PT. Pusri Palembang dan mengetahui hubungannya dengan desain penangkaran yang ada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, pengumpulan data dengan cara melakukan observasi langsung ke lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rusa sambar di penangkaran PT.Pusri Palembang memiliki persentase perilaku yang berbeda-beda, Setelah dilakukan penilaian kelayakan terhadap penangkaran menggunakan lembar scoring hasilnya menunjukkan bahwa penilaian kelayakan penangkaran berada pada nilai 32 yang berarti ada di range 20-40 yang artinya cukup layak untuk penangkaran rusa sambar. Penilaian kelayakan penangkaran ini juga dilihat dari literatur-literatur terkait. Hasil dari observasi juga menunjukkan bahwa perilaku harian satwa rusa sambar lebih dominan terjadi di kuadran IV. Hal ini terjadi karena di kuadran IV terdapat tempat pakan tambahan, kubangan buatan, dan terdapat banyak shelter buatan atau pohon peneduh. Oleh karena itu rusa sambar lebih sering atau dominan melakukan aktivitas harian di kuadran IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Asvic Helida S.Hut., M,Sc 2. Fatahul Azwar S.Hut., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penangkaran,Perilaku Rusa Sambar
Subjects: Kehutanan > pengembangan wilayah
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 21 May 2024 00:47
Last Modified: 21 May 2024 00:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29391

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.