DISPENSASI NIKAH PADA ANAK DIBAWAH UMUR(Studi Kasus di Pengadilan Agama Kelas 1A Jakabaring, Kota Palembang)

LULUK INDRI YANI, NIM.632020012 (2024) DISPENSASI NIKAH PADA ANAK DIBAWAH UMUR(Studi Kasus di Pengadilan Agama Kelas 1A Jakabaring, Kota Palembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
632020012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
632020012_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
632020012_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
632020012_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
632020012_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
632020012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
632020012_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
632020012_COVER_sampai_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Nama : Luluk Indri Yani. NIM : 632020012. Dispensasi Nikah Pada Anak Di Bawah Umur ( Studi Kasus Pengadilan Agama Kelas 1A Jakabaring, Kota Palembang). Dengan rumusan masalah : Pertama, Bagaimanakah prosedur pemberian dispensasi nikah pada anak dibawah umur di Pengadilan Agama Kelas 1A Jakabaring, Kota Palembang? Kedua, Apa faktor penyebab dan pertimbangan hakim untuk mengabulkan permohonan dispensasi nikah pada anak dibawah umur di Pengadilan Agama Kelas 1A Jakabaring, Kota Palembang pada tahun 2023? Ketiga, Bagaimanakah idealitas batas usia minimal untuk menikah dan implementasinya di Pengadilan Agama Kelas 1A Jakabaring, Kota Palembang? Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelititan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini berasal dari wawancara, observasi langsung dan dokumen resmi yang terkait lainnya. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian yuridis sosiologis merupakan mengidentifikasi dan menkonsepsikan hukum sebagai intitusi yang konkret dan fungsional dalam kehidupan nyata. Pernikahan merupakan hal yang membutuhkan kematangan bagi calon mempelai. Akan tetapi, bagaimana jika pernikahan yang berlangsung adalah pernikahan antara dua insan atau yang salah satu mempelainya masih belia atau belum cukup umur. Padahal batas usia untuk melakukan pernikahan sangatlah penting. Karena syarat pernikahan harus matang secara biologis juga psikologis. Maka di dalam undang-undang perkawinan dinyatakan, bahwa calon suami-istri harus telah masak jiwa dan raganya untuk melakukan perkawinan sehingga dapat mewujudkan perkawinan yang sakinah, mawaddah, dan rohmah tanpa berakhir perceraian dan dapat melahirkan keturunan yang baik dan sehat. Untuk itu pernikahan di bawah umur harus dicegah. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa : Pertama, Prosedur pemberian dispensasi nikah pada anak di bawah umur di Pengadilan Agama Palembang sama seperti prosedur pada Pengadilan lainnya. Kedua, Faktor penyebab pengajuan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Kelas 1A Jakabaring, Kota Palembang terdapat 2 (dua) faktor yaitu faktor kekhawatiran orang tua dan hamil sebelum menikah. Ketiga, Tidak ada penetapan idealitas batas minimal untuk menikah di Pengadilan Agama Kelas 1A Jakabaring, Kota Palembang. Kata Kunci: Dispensasi Nikah, Anak Di Bawah Umur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1: Dr. Saipuddin Zahri S.H,.M.H 2: Nur Azizah S.Ag,.M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dispensasi Nikah, Anak Di Bawah Umur
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 18 May 2024 02:15
Last Modified: 18 May 2024 02:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29300

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.