MARISA FEBTILIA, NIM. 622020016 (2024) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri 59 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622020016_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
622020016_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
Text
622020016_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
||
Text
622020016_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
Text
622020016_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
Text
622020016_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
Text
622020016_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
Text
622020016_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Marisa Febtilia, 622020016, skripsi yang berjudul “Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri 59 Palembang”. Skripsi ini dilatar belakangi oleh meningkatnya krisis pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Krisis pembelajaran dan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan merupakan tantangan utama bagi pemerintah Indonesia dalam waktu yang cukup lama. Salah satu langkah sistemik yang dilakukan yaitu dengan mengubah dan menyempurnakan kurikulum, perubahan kurikulum sudah beberapa kali terjadi di Indonesia, dari awal kemerdekaan hingga sekarang yang terbaru yaitu kurikulum mmerdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, lebih fleksibel sekaligus berfokus pada materi esensial sehingga konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Adapun permasalahannya sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 59 palembang, (2) Bagaimana hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 59 Palembang, (3) Bagaimana pengaruh antara implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar PAI Siswa SMP Negeri 59 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 59 Palembang (2) Untuk mengetahui hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 59 Palembang (3) Untuk mengetahui pengaruh antara implementasi kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 59 palembang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung yang berupa informasi atau penjelasan yang dinyatakan dalam bentuk angka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 59 Palembang berada dalam kategori sedang dengan persentase 72,7% (2) Hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 59 Palembang berada dalam kategori sedang dengan persentase 63,6% (3) Tidak ada pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 59 Palembang. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I. 2. Mustofa, S.Ag., M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar |
Subjects: | Administrasi Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 16 May 2024 00:25 |
Last Modified: | 16 May 2024 00:25 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29179 |
Actions (login required)
View Item |