Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri 59 Palembang

MARISA FEBTILIA, NIM. 622020016 (2024) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri 59 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622020016_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622020016_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
622020016_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
622020016_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
622020016_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
622020016_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
622020016_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
622020016_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Marisa Febtilia, 622020016, skripsi yang berjudul “Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri 59 Palembang”. Skripsi ini dilatar belakangi oleh meningkatnya krisis pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Krisis pembelajaran dan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan merupakan tantangan utama bagi pemerintah Indonesia dalam waktu yang cukup lama. Salah satu langkah sistemik yang dilakukan yaitu dengan mengubah dan menyempurnakan kurikulum, perubahan kurikulum sudah beberapa kali terjadi di Indonesia, dari awal kemerdekaan hingga sekarang yang terbaru yaitu kurikulum mmerdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, lebih fleksibel sekaligus berfokus pada materi esensial sehingga konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Adapun permasalahannya sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 59 palembang, (2) Bagaimana hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 59 Palembang, (3) Bagaimana pengaruh antara implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar PAI Siswa SMP Negeri 59 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 59 Palembang (2) Untuk mengetahui hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 59 Palembang (3) Untuk mengetahui pengaruh antara implementasi kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 59 palembang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung yang berupa informasi atau penjelasan yang dinyatakan dalam bentuk angka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 59 Palembang berada dalam kategori sedang dengan persentase 72,7% (2) Hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 59 Palembang berada dalam kategori sedang dengan persentase 63,6% (3) Tidak ada pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 59 Palembang. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I. 2. Mustofa, S.Ag., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar
Subjects: Administrasi Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 16 May 2024 00:25
Last Modified: 16 May 2024 00:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29179

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.