MUHAMMAD IRAWAN, NIM.322020026 (2024) PERAN KURIKULUM ISMUBA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA 'AISYIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Text
322020026_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
322020026_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text
322020026_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
Text
322020026_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
|
Text
322020026_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
Text
322020026_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
322020026_ LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI- 322020026 MUHAMMAD IRAWAN FULL REVISI MEI 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang terkait masalah degradasi dan krisis moral yang terjadi di kalangan pelajar sekolah, hal ini berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan nasional sesuai pasal 3 UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berisi pembentukan karakter peserta didik. namun, untuk pembentukan karakter peserta didik diserahkan sepenuhnya kepada lembaga pendidikan dengan mempertimbangkan dan mengacu kepada 18 nilai karakter nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Kurikulum ISMUBA dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah Muhammadiyah, adapun sampel yang peneliti pilih yaitu SMA Aisyiyah 1 Palembang yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Balayudha Km. 4,5 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dengan menggunakan jenis deksriptif dan pendekatan studi kasus. untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan Dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teori dari Miles dan Huberman yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data serta menyimpulkan data. Adapun Hasil penelitian ini menunjukan Kurikulum ISMUBA memiliki peran penting dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Aisyiyah 1 Palembang, namun dalam implementasinya melalui pembelajaran dikelas dan program yang dibuat langsung oleh Waka ISMUBA. sedangkan teknik pembentukan karakter yang digunakan melalui 2 cara yaitu keteladanan Guru dan Pembiasaan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dra. Rytha Petrossky, M.Si 2. Nurlena, S.Pd, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, ISMUBA, Karakter, Peserta didik |
Subjects: | Administrasi Pendidikan > Kurikulum Administrasi Pendidikan > Pendidikan Administrasi Pendidikan > Psikologi Pendidikan Administrasi Pendidikan > Sekolah dan Agama Administrasi Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 15 May 2024 02:38 |
Last Modified: | 15 May 2024 02:38 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29138 |
Actions (login required)
View Item |