PERAN KURIKULUM ISMUBA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA 'AISYIYAH 1 PALEMBANG

MUHAMMAD IRAWAN, NIM.322020026 (2024) PERAN KURIKULUM ISMUBA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA 'AISYIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
322020026_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
322020026_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
322020026_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
322020026_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
322020026_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
322020026_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
322020026_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI- 322020026 MUHAMMAD IRAWAN FULL REVISI MEI 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang terkait masalah degradasi dan krisis moral yang terjadi di kalangan pelajar sekolah, hal ini berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan nasional sesuai pasal 3 UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berisi pembentukan karakter peserta didik. namun, untuk pembentukan karakter peserta didik diserahkan sepenuhnya kepada lembaga pendidikan dengan mempertimbangkan dan mengacu kepada 18 nilai karakter nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Kurikulum ISMUBA dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah Muhammadiyah, adapun sampel yang peneliti pilih yaitu SMA Aisyiyah 1 Palembang yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Balayudha Km. 4,5 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dengan menggunakan jenis deksriptif dan pendekatan studi kasus. untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan Dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teori dari Miles dan Huberman yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data serta menyimpulkan data. Adapun Hasil penelitian ini menunjukan Kurikulum ISMUBA memiliki peran penting dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Aisyiyah 1 Palembang, namun dalam implementasinya melalui pembelajaran dikelas dan program yang dibuat langsung oleh Waka ISMUBA. sedangkan teknik pembentukan karakter yang digunakan melalui 2 cara yaitu keteladanan Guru dan Pembiasaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Rytha Petrossky, M.Si 2. Nurlena, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, ISMUBA, Karakter, Peserta didik
Subjects: Administrasi Pendidikan > Kurikulum
Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Administrasi Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Administrasi Pendidikan > Sekolah dan Agama
Administrasi Pendidikan > Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 15 May 2024 02:38
Last Modified: 15 May 2024 02:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29138

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.