STUDI PENGEMBANGAN EKOWISATA RAWA KAMPUNG GELAM KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

Muhammad Reza Trinanda, 452019007 (2024) STUDI PENGEMBANGAN EKOWISATA RAWA KAMPUNG GELAM KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
Cover_sampai_Terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan wisata di Indonesia saat ini semakin pesat. Perkembangan sektor wisata menjanjikan dan memberikan manfaat kepada banyak pihak dari pemerintah, masyarakat maupun swasta. Ekowisata adalah perjalanan ke kawasan alam yang relatif masih asli dan tidak tercemar. Terdapat prinsip dasar yang harus ditekankan pada ekowisata yaitu prinsip ekologi, ekonomi, sosial dan budaya (Buckley, 2009). Provinsi Sumatera Selatan memiliki banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi salah satunya Ekowisata Rawa Kampung Gelam. dikarenakan Ekowisata Rawa Kampung Gelam memiliki alam yang masih sangat asri, sehingga sangat cocok sebagai tempat bersantai dan melepas penat serta bersantai menghabiskan waktu dari hiruk pikuk perkotaan Ekowisata Rawa Kampung Gelam berada di Jalan Pupui Raya (Talang Pupui) Kecamatan Gandus Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana potensi ekowisata rawa di Kampung Gelam dan mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan di Ekowisata Rawa Kampung Gelam. Metode Penelitian Ini dilakukan dengan Metode Deskriptif Kualitatif jenis penelitian yang mengambarkan data informasi berdasarkan fakta dengan cara melakukan kuisioner dan wawancara kepada Pengunjung, Masyarakat, maupun Pihak Pengelola. Dari Data Yang dihasilkan Menggunakan Metode perhitungan ANALISIS SWOT, objek Ekowisata Rawa Kampung Gelam S > O (3,38 > 3,31), yakni kekuatan lebih besar dari pada peluang yang ada, dimana arah kebijakan objek Ekowisata Rawa Kampung Gelam berada dalam kondisi Rapid Growth Strategy. Strategi Pertumbuhan Cepat (Rapid Growth Strategy) adalah suatu strategi untuk meningkatkan laju pertumbuhan kunjungan wisatawan dengan waktu lebih cepat (tahun kedua lebih besar dari tahun pertama dan selanjutnya), peningkatan kualitas dan kuantitas dari faktor kekuatan dan pemanfaatan semua peluang yang ada harus dimaksimalkan. Faktor-faktor kekuatan (Strengths) mempunyai nilai skor 3,38, faktor-faktor kelemahan (Weaknesses) mempunyai nilai skor 0,50, faktor-faktor peluang (Opportunities) mempunyai skor 3,31 dan faktor-faktor ancaman (Threats) mempunyai nilai skor 0,45

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Asvic Helida S.Hut., M.Sc Sasua Hustati Syachroni, S.P.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Ekowisata Rawa,Kampung Gelam
Subjects: Kehutanan > Hasil Hutan Non Kayu
Kehutanan > pengembangan wilayah
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 15 May 2024 02:38
Last Modified: 15 May 2024 02:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29136

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.