PENGARUH KOMPONEN SOAL LITERASI AKM KELAS MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

DWI ANGGUN AGUSTIA, NIM. 322020033 (2024) PENGARUH KOMPONEN SOAL LITERASI AKM KELAS MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322020033_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
322020033_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
322020033_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
322020033_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
322020033_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
322020033_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
322020033_Cover _sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
322020033_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
322020033_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu aspek yang diukur dalam pelaksanaan Asesmen Nasional adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pemerintah meluncurkan Aplikasi Pembelajaran yang disebut dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM) agar dapat memudahkan guru dalam memahami kurikulum Merdeka dan mempersiapkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Komponen Soal Literasi AKM Kelas melalui Platform Merdeka Mengajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Instrumen penelitian ini yaitu Tes Soal AKM Kelas yang bersumber dari PMM. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif Eksperimen (Nonequivalent Control Group Design). Sampel penelitian ini berjumlah 52 siswa. Berdasarkan hasil pengujian dalam penelitian ini, maka hasil belajar siswa yang menggunakan soal bentuk AKM diperoleh rata-rata 83,23 dan hasil belajar siswa yang menggunakan soal biasa diperoleh rata-rata 74, selanjutnya Uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) < signifikan (0,013<0,05) yang berarti bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Komponen Soal Literasi AKM Kelas melalui Platform Merdeka Mengajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 204 Palembang. Disarankan kepada para guru untuk terus mempelajari Platform Merdeka Mengajar terkhusus mengakses Fitur Asesmen Murid – AKM Kelas agar dapat mempersiapkan siswa dalam menghadapi AKM Nasional, sehingga akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Winda Lestari, S.Pd., M.Pd (Pembimbing 1) 2. Mediarita Agustina, S.Pd., M.Pd (Pembimbing 2)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Platform Merdeka Mengajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Administrasi Pendidikan > Aspek Sosial Pendidikan
Administrasi Pendidikan > Kurikulum
Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar
Administrasi Pendidikan > Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 May 2024 04:40
Last Modified: 14 May 2024 04:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.