DWI ANGGUN AGUSTIA, NIM. 322020033 (2024) PENGARUH KOMPONEN SOAL LITERASI AKM KELAS MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
322020033_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
322020033_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
||
Text
322020033_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
Text
322020033_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
||
Text
322020033_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text
322020033_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
Text
322020033_Cover _sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
Text
322020033_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
Text
322020033_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Salah satu aspek yang diukur dalam pelaksanaan Asesmen Nasional adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pemerintah meluncurkan Aplikasi Pembelajaran yang disebut dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM) agar dapat memudahkan guru dalam memahami kurikulum Merdeka dan mempersiapkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Komponen Soal Literasi AKM Kelas melalui Platform Merdeka Mengajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Instrumen penelitian ini yaitu Tes Soal AKM Kelas yang bersumber dari PMM. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif Eksperimen (Nonequivalent Control Group Design). Sampel penelitian ini berjumlah 52 siswa. Berdasarkan hasil pengujian dalam penelitian ini, maka hasil belajar siswa yang menggunakan soal bentuk AKM diperoleh rata-rata 83,23 dan hasil belajar siswa yang menggunakan soal biasa diperoleh rata-rata 74, selanjutnya Uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) < signifikan (0,013<0,05) yang berarti bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Komponen Soal Literasi AKM Kelas melalui Platform Merdeka Mengajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 204 Palembang. Disarankan kepada para guru untuk terus mempelajari Platform Merdeka Mengajar terkhusus mengakses Fitur Asesmen Murid – AKM Kelas agar dapat mempersiapkan siswa dalam menghadapi AKM Nasional, sehingga akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Winda Lestari, S.Pd., M.Pd (Pembimbing 1) 2. Mediarita Agustina, S.Pd., M.Pd (Pembimbing 2) |
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Platform Merdeka Mengajar, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Administrasi Pendidikan > Aspek Sosial Pendidikan Administrasi Pendidikan > Kurikulum Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar Administrasi Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 14 May 2024 04:40 |
Last Modified: | 14 May 2024 04:40 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29095 |
Actions (login required)
View Item |