PERBANDINGÅN HAsil BELAJAR SISWA ANTARA METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI KELAS VII SMP NURUL IMAN PALEMBANG

YUNITA NOVITASARI, NIM. 332011027 (2015) PERBANDINGÅN HAsil BELAJAR SISWA ANTARA METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI KELAS VII SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332011027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
332011027_BAB II_sampai_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, guru merupakan faktor penentu yang sangat dominan dalam pendidikan pada umumnya, karena guru memegang peranan dalam proses pembelajaran, dimana proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses pembelajaran terutama di sekolah banyak pembelajaran yang diajarkan salah satunya adalah mata pelajaran matematika. Kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari untuk menumbuh kembangkan kemampuan-kemampuan dan membentuk pribadi peserta didik serta perpaduan kepada perkembangan ilmu dan teknologi. Untuk hasil siswa yang optimal dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai yaitu metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here dan TPS. Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah ada perbedaan yang berarti hasil belajar siswa pada meteri persegi panjang dan persegi antara Everyone is a Teacher Here dan TPS di kelas VII SMP Nurul Iman Palembang?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang berarti hasil belajar siswa kelas VII yang menggunakan metode Everyone is a Teacher Here dan TPS pada materi panjang dan '*rsegi. Hipotesis dalam rrnclitian ini adalah adn yang bcrarti hasil belajar siswa pada materi persegi panjang dan persegi antara metode Everyone is a Teacher Here dan TPS di kelas VII SMP Nurul Iman Palembang. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Nurul Iman Palembang yang berjumlah 144 siswa dan sampel yang diambi adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas VlI-3 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Berdasarkan analisis data. nilai rata-rata dan standar deviasi hasil belajar siswa menggunakan metode Everyone is a Teacher Here diperoleh x1 (rerata)= 61,32 dan x2 (rerata)= 20,597 sedangkan hasil belajar siswa menggunakan metode TPS diperoleh X2 (rerata)= 70,97 dan s2 = 18,019. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh t-hitung=-2.055 sedangkan nilai t-tabel= -1,98. Oleh karena itu, t-hitung=-2,055 < t-tabel= -1,98 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa "Ada perbedaan yang berarti hasil belajar siswa pada materi persegi panjang dan persegi antara metode Everyone is a Teacher Here dan TPS di kelæs VII SMP Nurul Iman Palembang" diterima kebenarannya. Kata kunci: Everyone is a Teacher Here, TPS, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Syaifudin, M.Pd. 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Everyone is a Teacher Here, TPS, Hasil Belajar
Subjects: Matematika > Simulasi Matematis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:03
Last Modified: 18 Feb 2019 04:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2904

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.