NILAI NILAI BUDAYA DALAM TRADISI LELOCON MELALUI ADAT PERNIKAHAN DI DESA LESUNG BATU KABUPATEN EMPAT LAWANG

Ego putra surya, Nim 352019004 (2024) NILAI NILAI BUDAYA DALAM TRADISI LELOCON MELALUI ADAT PERNIKAHAN DI DESA LESUNG BATU KABUPATEN EMPAT LAWANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
352019004.Cover_Bab I_Daftar Pustaka..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
352019004_Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
352019004_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
352019004_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
352019004_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
352019004_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
352019004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
352019004_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Putra Surya Ego. 2019. Nilai-nilai Budaya dalam tradisi Lelocn melalui adat pernikahan di Desa Lesung Batu Kabupaten Empat Lawang Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Studi (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Dosen Pembimbing (I). Heryati S.Pd, M.Hum (II) Dewi Setyawati M.Pd Kata Kunci : Nilai Budaya Tradisi Lelocon, Adat Pernikahan di Desa lesung Batu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis untuk mengetahui Nilaoi-nilai Budaya dalam Tradisi Lelocon melalui adat pernikahan di Desa Lesung Batu Kabupaten Empat Lawang dalam bentuk Skripsi. Rumusan Masalah ini adalah : (I) Apa yang Melatarbelakangi adanya Tradisi Lelocon yang berada di desa Lesung Batu kabupaten Empat Lawang?. (II) Bagaimana proses berlangsungnya tradisi Lelocon melalui adat pernikahan yang berada di desa Lesung Batu kabupaten Empat Lawang?. (III) Nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam proses Tradisi Lelocon melalui adat pernikahan di desa Lesung Batu Kabupaten Empat Lawang? : Metode dan Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Metode Historis dan Deskrptif Kualitatif, dengan pendekatan geografi, sosiologi, antropologi dan budaya. Setelah data dikumpulkan melalui metode heuristik kemudian di verifikasi lalu di interpretasi dan padatahap akhir dilakukan sejarah (Historiografi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Yang Melatar belakangi adanya Tradisi Lelocon yang berada di desa Lesung Batu kabupaten Empat Lawang adalah kepercayaan nenek moyang yang pertama kali adalah beranggapan bahwa adanya tradisi lelocon merupakan suatu rangkaian acara untuk menjaga atau menghindari kedua pengantin dari halnya yang negatif ataupun berbahaya, sampai akhirnya terjadinya akulturasi budaya yang mengubah pola pandang masyarakat beranggapan bahwa tradisi Lelocon hanyalah sebuah tradisi semata yang dimaknai dengan permainan saja, mengiringi atau menjadi suatu hiburan bagi masyarakat. (2) Proses berlangsungnya tradisi Lelocon melalui adat pernikahan yang berada di desa Lesung Batu kabupaten Empat Lawang adalah dengan cara menggunakan kostum atau pakaian yang menyeramkan dimaknai ataupun dipercayai agar hal negatif tidak mau mendekat. (3)Nilai-nilai yang terdapat dalam proses Tradisi Lelocon melalui adat pernikahan di desa Lesung Batu Kabupaten Empat Lawang terdapat berbagai nilai terutama nilai agama,nilai sosial dan nilai budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.Heryati S.Pd M.Hum 2. Dewi Setyawati M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Nilai Budaya Tradisi Lelocon, di Adat Pernikahan Desa lesung Batu.
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 May 2024 04:24
Last Modified: 11 May 2024 04:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28859

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.