GAYA BELAJAR MAHASISWA BARU FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG SEBELUM DAN SETELAH MENJALANI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

LIA RESTI HERMANTO, NIM. 702015016 (2019) GAYA BELAJAR MAHASISWA BARU FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG SEBELUM DAN SETELAH MENJALANI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702015016_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
702015016_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

Gaya belajar adalah cara belajar seseorang yang khas, bersifat konsisten, seringkali tidak disadari yang merupakan kombinasi dari seseorang tersebut menyerap dan mengatur serta mengolah informasi dari berbagai materi yang telah diberikan, sedangkan problem based learning merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga mahasiswa harus belajar dan mampu bekerja secara kelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan gaya belajar pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang sebelum dan setelah menjalani proses pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian Observasional Analitik, dengan desain penelitian Longitudinal. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Palembang. Pengambilan data dilakukan secara total sampling dengan jumlah sample sebanyak 100 mahasiswa. Data diambil dengan menggunakan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan realibitasnya. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji T berpasangan. Hasil penelitian menunjukan terdapat perubahan yang bermakna pada perubahan gaya belajar kinestetik saja. Dengan hasil uji T berpasangan didapatkan p value untuk perubahan gaya belajar kinestetik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran PBL 0,001, sedangkan gaya belajar visual dan audioriti tidak menunjukan perubahan yang bermakna dengan nilai p value pada gaya belajar visual adalah 0,433 dan gaya belajar auditori 0,283.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa hanya pada perubahan gaya belajar kinestetik saja yang bermakna sedangkan pada gaya belajar visual dan auditori tidak terdapat perubahan yang bermakna. Kata Kunci : Gaya Belajar, PBL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr.dr. Irfanuddin, Sp.KO, AIF, M.Pd.Ked 2. dr. Nia Ayu Saraswati, M.Pd.Ked, Sp.DV
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, PBL
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: Mahasiswa UM-Palembang
Date Deposited: 16 Feb 2019 02:23
Last Modified: 16 Feb 2019 02:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.