PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 TEBO JAMBI

Muhammad Arjoni, NIM. 93218003 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 TEBO JAMBI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
1. cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
2. bab 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Image
f30f4fe3-091c-4174-887d-681e64a90506.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Tebo Jambi Muhammad Arjoni Muhammad Arjoni. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Tebo Jambi. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana (S2). Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Dr. Herman Seri, M.Pd. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Tebo Jambi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI). Rancangan penelitian yang digunakan berupa penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal pilihan ganda, lembar observasi sikap dan keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis persentase (%). Hasil belajar ranah pengetahuan memperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 63,08. Dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 78,93 dan persentase klasikal 78,57%. Pada ranah sikap diperoleh nilai rata-rata kelas siklus I 66,31. Siklus II, dengan rata-rata kelas 74,86. Dan pada ranah keterampilan Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar adalah 51,73. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 77,88. Jadi dapat disimpulkan terjadi peningkatkan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, sikap maupun keterampilan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI).] Kata Kunci : Teams Assisted Individualization (TAI) dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Biologi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 07 May 2024 04:30
Last Modified: 07 May 2024 04:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28596

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.