PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 152 PALEMBANG

NURUL KHOTIMAH, NIM. 622020010 (2024) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 152 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
622020010_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[img] Text
622020010_BAB II..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
622020010_BAB III..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
622020010_BAB IV..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
622020010_BAB V..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
622020010_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
622020010_LAMPIRAN..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622020010_Cover_Sampai_Lampiran..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menciptakan Budaya Religius di Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang “ ini ditulis oleh Nurul Khotimah, Nim : 622020010, sebagai Pembimbing I adalah Zulkipli Jemain, S.Ag.,M.Pd.I dan pembimbing II adalah Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membimbing siswa untuk memahami konsep-konsep agama secara mendalam dan praktis? 2. Bagaimana integrasi antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran Agama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 152 Palembang.. 3. Bagaimana pendekatan holistik yang diterapkan olehguru pendidikan agama Islam dalam menciptakan budaya religius di lingkungan SD Negeri 152 Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membimbing siswa untuk memahami konsep-konsep agama secara mendalam dan praktis, integrasi antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran Agama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 152 Palembang, pendekatan holistik yang diterapkan olehguru pendidikan agama Islam dalam menciptakan budaya religius di lingkungan SD Negeri 152 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan budaya religius di Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang tercipta dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kegiatan-kegiatan rutin seperti kegiatan praktik sholat wajib dan sunnah, membaca doa sebelum pelajaran dimulai, membaca yasin bersama dihari jumat. Peranan guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan budaya religius di SDN 152 Palembang adalah dengan membaca doa sebelum pelajaran dimulai yang dipimpin oleh guru pendidikan agama Islam, praktik sholat wajib dan sunnah, berdzikir, membaca surat yasin bersama, mengadakan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Kata Kunci : Peranan, Guru PAI, Budaya Religius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Zulkipli Jemain , S.Ag., M.Pd.I 2. Ayu Munawaroh, S., M.Hum,
Uncontrolled Keywords: Peranan, Guru PAI, Budaya Religius
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 03 May 2024 03:37
Last Modified: 03 May 2024 03:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28543

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.