NURUL KHOTIMAH, NIM. 622020010 (2024) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 152 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
|
Text
622020010_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version Download (743kB) | Preview |
|
Text
622020010_BAB II..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
||
Text
622020010_BAB III..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
622020010_BAB IV..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
Text
622020010_BAB V..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
Text
622020010_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
Text
622020010_LAMPIRAN..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
622020010_Cover_Sampai_Lampiran..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menciptakan Budaya Religius di Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang “ ini ditulis oleh Nurul Khotimah, Nim : 622020010, sebagai Pembimbing I adalah Zulkipli Jemain, S.Ag.,M.Pd.I dan pembimbing II adalah Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membimbing siswa untuk memahami konsep-konsep agama secara mendalam dan praktis? 2. Bagaimana integrasi antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran Agama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 152 Palembang.. 3. Bagaimana pendekatan holistik yang diterapkan olehguru pendidikan agama Islam dalam menciptakan budaya religius di lingkungan SD Negeri 152 Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membimbing siswa untuk memahami konsep-konsep agama secara mendalam dan praktis, integrasi antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran Agama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 152 Palembang, pendekatan holistik yang diterapkan olehguru pendidikan agama Islam dalam menciptakan budaya religius di lingkungan SD Negeri 152 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan budaya religius di Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang tercipta dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kegiatan-kegiatan rutin seperti kegiatan praktik sholat wajib dan sunnah, membaca doa sebelum pelajaran dimulai, membaca yasin bersama dihari jumat. Peranan guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan budaya religius di SDN 152 Palembang adalah dengan membaca doa sebelum pelajaran dimulai yang dipimpin oleh guru pendidikan agama Islam, praktik sholat wajib dan sunnah, berdzikir, membaca surat yasin bersama, mengadakan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Kata Kunci : Peranan, Guru PAI, Budaya Religius
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Zulkipli Jemain , S.Ag., M.Pd.I 2. Ayu Munawaroh, S., M.Hum, |
Uncontrolled Keywords: | Peranan, Guru PAI, Budaya Religius |
Subjects: | Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 03 May 2024 03:37 |
Last Modified: | 03 May 2024 03:37 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28543 |
Actions (login required)
View Item |