JOTY PURNAMA SARI, NIM. 622020004 (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622020004_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (696kB) | Preview |
|
Text
622020004_BAB II..pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
Text
622020004_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
||
Text
622020004_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
622020004_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
Text
622020004_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
Text
622020004_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
Text
622020004_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Joty Purnama Sari, NIM 622020004, Skripsi yang berjudul “Pengembangan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 15 Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar yang efektif untuk digunakan di SMP Negeri 15 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, Modul ajar perlu dikembangkan agar bahan ajar yang di gunakan untuk proses pembelajaran menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik sehingga tercapainya tujuan pembelajaran khususnya dalam mengembangkan modul ajar Pendidikan Agama Islam salah satunya adalah materi Al-Qur’an dan sunah sebagai pedoman hidup yang mana pada materi tersebut terdapat hukum bacaan yang lumayan sulit mereka pahami. Kedua, adapun langkah-langkah pengembangan modul ajar adalah (1) Menganalisis kebutuhan, (2) Mendesain storyboard modul ajar, (3) penyusunan modul ajar mulai dari idendtitas umum, kompetensi awal, dan lampiran. Dan ketiga, Modul ajar yang dikembangkan oleh peneliti sudah sangat layak dan efektif untuk diterapkan kepada peserta didik sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil uji respons skala kecil bisa diketahui bahwa desain cover yang terdapat pada modul ajar sudah menarik, tampilan warna modul ajar menarik dan jelas serta pemilihan gambar telah sesuai dengan isi materi, selanjutnya penyampaian pada modul ajar mendorong peserta didik berdiskusi dengan teman sekelas sehingga membuat peserta didik tertarik dengan modul yang telah dikembangkan. Uji respons skala kecil mendapatkan nilai presentase sebesar 97,48, hasil tersebut memenuhi kategori “Sangat Menarik”. Kata Kunci: Pengembangan Modul Ajar, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Drs. Antoni, M.H.I 2. Dr. Muhammad Zainudin Nawi, Lc., MA |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci Skripsi di ABSTRAK |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 00:25 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 00:25 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28406 |
Actions (login required)
View Item |