PERANAN KOMPETENSI KEPERIBADIAN GURU PAI DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK

ALDA AULYA, NIM. 622020017 (2024) PERANAN KOMPETENSI KEPERIBADIAN GURU PAI DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622020017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622020017_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
622020017_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
622020017_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
622020017_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
622020017_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
622020017_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622020017_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Kompetensi guru merupakan penguasaan pengetahuan keguruan dan pemilikan keterampilan serta kemampuan sebagai guru dalam melaksanakan tugasnya. Berbagai aspek kepemilikan guru tersebut tentunya akan mempermudah kinerja guru dalam membimbing dan melaksanakan tugasnya sebagai seorang tenaga pendidik yang professional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Peranan Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. (2) Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Peranan Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. (3) Upaya Guru PAI Dalam Membangun Karakter Religius Peserta Didik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peranan kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh guru PAI memberikan keteladanan, bimbingan dan motivasi kepada peserta didik, mampu menempatkan dirinya sebagai seorang guru yang menjadi model yang akan ditiru oleh peserta didik. Kedua, faktor pendukung kompetensi kepribadian guru untuk membangun karakter religius yaitu adanya kerja sama dengan orang tua peserta didik dalam membangun karakter religiusnya. Sedangkan faktor penghambat kompetensi kepribadian guru dalam membangun karakter religius peserta didik yaitu kurangnya sarana dan prasarana. Ketiga, upaya yang dilakukan dalam membangun karakter religius peserta didik yang dilakukan adalah metode pembiasaan dan keteladanan. Adapun pembiasaan 3S (Senyum Sapa Salam), mencium tangan guru, berdo’a sebelum dan selesai pembelajaran, membaca yasin bersama, membaca surat-surat pendek dan metode keteladanan dilakukan dengan menunjukkan tindakan terpuji seperti sabar, jujur dan ikhlas dengan harapan agar peserta didik mau mengikuti tindakan terpuji tersebut. Sedangkan kerjasama dan dukungan antara pemerintah desa, lembaga keagamaan, dan masyarakat, karakter religius peserta didik dapat dibangun dengan lebih baik. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Ani Aryati, S. Ag.,M.Pd. I 2. Sri Yanti, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Disipilin Sekolah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:22
Last Modified: 28 Mar 2024 01:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28405

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.