ALDA AULYA, NIM. 622020017 (2024) PERANAN KOMPETENSI KEPERIBADIAN GURU PAI DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622020017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
622020017_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
||
Text
622020017_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
Text
622020017_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
Text
622020017_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text
622020017_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
Text
622020017_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
622020017_Cover_Sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Abstrak Kompetensi guru merupakan penguasaan pengetahuan keguruan dan pemilikan keterampilan serta kemampuan sebagai guru dalam melaksanakan tugasnya. Berbagai aspek kepemilikan guru tersebut tentunya akan mempermudah kinerja guru dalam membimbing dan melaksanakan tugasnya sebagai seorang tenaga pendidik yang professional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Peranan Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. (2) Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Peranan Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. (3) Upaya Guru PAI Dalam Membangun Karakter Religius Peserta Didik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peranan kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh guru PAI memberikan keteladanan, bimbingan dan motivasi kepada peserta didik, mampu menempatkan dirinya sebagai seorang guru yang menjadi model yang akan ditiru oleh peserta didik. Kedua, faktor pendukung kompetensi kepribadian guru untuk membangun karakter religius yaitu adanya kerja sama dengan orang tua peserta didik dalam membangun karakter religiusnya. Sedangkan faktor penghambat kompetensi kepribadian guru dalam membangun karakter religius peserta didik yaitu kurangnya sarana dan prasarana. Ketiga, upaya yang dilakukan dalam membangun karakter religius peserta didik yang dilakukan adalah metode pembiasaan dan keteladanan. Adapun pembiasaan 3S (Senyum Sapa Salam), mencium tangan guru, berdo’a sebelum dan selesai pembelajaran, membaca yasin bersama, membaca surat-surat pendek dan metode keteladanan dilakukan dengan menunjukkan tindakan terpuji seperti sabar, jujur dan ikhlas dengan harapan agar peserta didik mau mengikuti tindakan terpuji tersebut. Sedangkan kerjasama dan dukungan antara pemerintah desa, lembaga keagamaan, dan masyarakat, karakter religius peserta didik dapat dibangun dengan lebih baik. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru PAI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Ani Aryati, S. Ag.,M.Pd. I 2. Sri Yanti, S.Pd., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian Guru PAI |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Disipilin Sekolah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 01:22 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 01:22 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28405 |
Actions (login required)
View Item |