IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) MATERI OPERASI ALJABAR DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

AYU AMELIA, 332014048 (2018) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) MATERI OPERASI ALJABAR DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
NIM 332014048 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
NIM 332014048_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: identifikasi, kesalahan menyelesaikan soal tipe Hots (Higher Order Thinking Skill) Pada pembelajaran matematika SMP, satu diantara materi aljabar. Pentingnya pembeajaran dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal. Namun, masih banyak siswa yang melakukan kesalahan, sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal Tipe Hots (Higher Order Thinking Skill) materi operasi aljabar di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tipe Hots (Higher Order Thinking Skill) materi operasi aljabar di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskripif-kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa pemberian soal tes sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tipe Hots (Higher Order Thinking Skill) materi aljabar adalah kesalahan konsep dan kesalahan prosedur. Kesalahan konsep adalah kesalahan yang dilakukan siswa dalam menafsirkan dan melakukan operasi pembagian, perkalian, penjumlahan dan pengurangan. Kesalahan konsep terjadi pada setaip butir soal, dengan persentase kesalahan yang terjadi yaitu butir soal nomor 1 sebesar 33,3%, nomor 2 sebesar 23,3%, nomor 3 sebesar 16,7%, nomor 4 sebesar 16,7%, nomor 5 sebesar 26,7%. Untuk persentase rata-rata kesalahan konsep yang dilakukan siswa sebesar 23,34%. Kesalahan prosedur adalah kesalahan dalam memahami dan mencermati perintah soal, kesalahan dalam menuliskan soal kembali, kesalahan dalam menuliskan soal dalam penyelesaian, kesalahan dalam melakukan operasi perhitungan, kesalahan karena tidak melanjutkan proses penyelesaian dan kesalahan kurang bisa membagi waktu. Kesalahan prosedur terjadi pada setiap butir soal, dengan persentase kesalahan yang terjadi yaitu butir soal nomor 1 sebesar 10%, nomor 2 sebesae 20%, nomor 3 sebesar 33,3%, nomor 4 sebesar 26,7%, nomor 5 sebesar 16,7%. Untuk persentase rata-rata kesalahan prosedur yang dilakukan siswa sebesar 21,34%. Hal ini terjadi dikarenakan siswa salah daam menerapkan konsepkonsep atau definisi nilai mutlak serta kurangnya ketelitian siswa dalam menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Sunardi,M.Pd. 2. Heru,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: identifikasi, kesalahan menyelesaikan soal tipe Hots (Higher Order Thinking Skill)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa UM-Palembang
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:54
Last Modified: 13 Feb 2019 02:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.