Hubungan Frekuensi dan Durasi Membaca Al-Qur'an dengan Skor Uji Fungsi Kognitif pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang

RAMADHAN SURYA AL AKBAR, NIM. 702020023 (2024) Hubungan Frekuensi dan Durasi Membaca Al-Qur'an dengan Skor Uji Fungsi Kognitif pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702020023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
702020023_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
702020023_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
702020023_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
702020023_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
702020023_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
702020023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
702020023_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu aktivitas spiritual atau ibadah yang dapat mencegah atau menunda penurunan daya ingat (memori). Membaca al-Qur’an juga merupakan aktivitas fisik dan mental yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan rohani, kesehatan jiwa dan fisik manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan frekuensi dan durasi membaca Al-Qur’an dengan skor uji fungsi kognitif pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah observasional desain cross sectional dengan menggunakan data primer dari Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang dengan besar sampel sebanyak 150 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel penelitian ini diambil melalui consecutive sampling. Pengukuran frekuensi dan durasi membaca Al-Qur’an dengan wawancara dan fungsi kognitif menggunakan kuesioner Moca-Ina. Analisis data menggunakan uji alternatif Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden yang membaca Al-Qur’an dengan frekuensi empat sampai enam kali dalam seminggu (62%), mayoritas responden yang membaca Al-Qur’an dengan durasi lebih dari sepuluh menit (55,3%), dan mayoritas responden memiliki fungsi kognitif normal (68,7%). Hasil uji alternatif Kruskal-Wallis menunjukkan bahwa adanya hubungan antara frekuensi (p<0,001) dan durasi (p=0,001) membaca Al-Qur’an dengan fungsi kognitif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa membaca Al-Qur’an dapat mempengaruhi fungsi kognitif seseorang. Reading the Al-Qur'an is a spiritual activity or worship that can prevent or delay memory decline. Reading the Koran is also a physical and mental activity that can provide benefits for human spiritual, mental and physical health. This study aims to determine the relationship between frequency and duration of reading the Al-Qur'an with cognitive function test scores in students at the Faculty of Medicine, Muhammadiyah University, Palembang. This type of research is an observational cross sectional design using primary data from Medical Students at Muhammadiyah University of Palembang with a sample size of 150 samples that have met the inclusion and exclusion criteria. This research sample was taken through consecutive sampling. Measuring the frequency and duration of reading the Al-Qur'an using interviews and cognitive function using the Moca-Ina questionnaire. Data analysis used the Kruskal-Wallis alternative test. The results showed that the majority of respondents read the Al-Qur'an four to six times a week (62%), the majority of respondents read the Al-Qur'an for more than ten minutes (55.3%), and the majority of respondents had normal cognitive function (68.7%). The results of the Kruskal-Wallis alternative test show that there is a relationship between frequency (p<0.001) and duration (p=0.001) of reading the Al-Qur'an and cognitive function. So it can be concluded that reading the Koran can influence a person's cognitive function

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. dr. Raden Pamudji, Sp.KK(K), FINSDV,FAAD 2. dr. Rury Tiara Oktariza, M.Si
Uncontrolled Keywords: frekuensi, durasi, membaca, Al-Qur’an, fungsi kognitif, mahasiswa frequency, duration, reading, Al-Qur'an, cognitive function, students
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:05
Last Modified: 06 Feb 2024 01:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28167

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.