Adlina Dalila, NIM. 702020057 (2024) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEJADIAN GANGGUAN BAHASA PADA ANAK 4-5 TAHUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
702020057_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
702020057_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
Text
702020057_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
Text
702020057_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
Text
702020057_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
Text
702020057_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
Text
702020057_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
702020057_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Usia lima tahun pertama pada anak merupakan masa golden age perkembangan anak. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak merupakan pola asuh, Orang tua yang salah menerapkan pola asuh akan membawa akibat buruk bagi perkembangan sosial-emosional anak terutama perkembangan bahasa pada anak 4-5 tahun. Oleh karena itu kurangnya pemahaman pola asuh orang tua yang diberikan kepada anak menyebabkan anak mengalami gangguan bahasa. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kejadian gangguan bahasa pada anak 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 04 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 49 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer berupa pengisian kuesioner Parenting Style and Dimension Questionnaire (PSDQ) untuk mengetahui jenis pola asuh yang diterapkan orang tua dan observasi perkembangan bahasa anak menggunakan KPSP. Pengelolaan data dilakukan secara univariat dan bivariat. Data kemudian dianalisis dengan uji Kolmogorov- Smirnov. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan kejadian gangguan bahasa pada anak (p value 0,007). Hasil penelitian ini menemukan bahwa sebesar 83% orang tua menerapkan pola asuh demokratis. Anak yang tidak mengalami gangguan bahasa pada penelitian ini sebesar 81,6% dan sebesar 18,4% anak mengalami gangguan bahasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan terdapat pola asuh demokratis yang berpeluang tinggi memiliki anak dengan perkembangan bahasa yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. dr. Liza Chairani, Sp.A., M.Kes 2. dr. Dientyah Nur Anggina, MPH |
Uncontrolled Keywords: | Gangguan Bahasa anak, pola asuh, perkembangan anak |
Subjects: | Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Kedokteran |
Date Deposited: | 03 Feb 2024 01:26 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 01:26 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28113 |
Actions (login required)
View Item |