HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEJADIAN GANGGUAN BAHASA PADA ANAK 4-5 TAHUN

Adlina Dalila, NIM. 702020057 (2024) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEJADIAN GANGGUAN BAHASA PADA ANAK 4-5 TAHUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702020057_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702020057_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
702020057_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
702020057_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
702020057_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
702020057_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
702020057_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
702020057_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Usia lima tahun pertama pada anak merupakan masa golden age perkembangan anak. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak merupakan pola asuh, Orang tua yang salah menerapkan pola asuh akan membawa akibat buruk bagi perkembangan sosial-emosional anak terutama perkembangan bahasa pada anak 4-5 tahun. Oleh karena itu kurangnya pemahaman pola asuh orang tua yang diberikan kepada anak menyebabkan anak mengalami gangguan bahasa. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kejadian gangguan bahasa pada anak 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 04 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 49 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer berupa pengisian kuesioner Parenting Style and Dimension Questionnaire (PSDQ) untuk mengetahui jenis pola asuh yang diterapkan orang tua dan observasi perkembangan bahasa anak menggunakan KPSP. Pengelolaan data dilakukan secara univariat dan bivariat. Data kemudian dianalisis dengan uji Kolmogorov- Smirnov. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan kejadian gangguan bahasa pada anak (p value 0,007). Hasil penelitian ini menemukan bahwa sebesar 83% orang tua menerapkan pola asuh demokratis. Anak yang tidak mengalami gangguan bahasa pada penelitian ini sebesar 81,6% dan sebesar 18,4% anak mengalami gangguan bahasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan terdapat pola asuh demokratis yang berpeluang tinggi memiliki anak dengan perkembangan bahasa yang sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Liza Chairani, Sp.A., M.Kes 2. dr. Dientyah Nur Anggina, MPH
Uncontrolled Keywords: Gangguan Bahasa anak, pola asuh, perkembangan anak
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 03 Feb 2024 01:26
Last Modified: 03 Feb 2024 01:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28113

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.