METODE KOMUNIKASI DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI PESANTREN PUTRA AR-RIYADH PALEMBANG

MASHUR HOLIL, NIM. 612019002 (2023) METODE KOMUNIKASI DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI PESANTREN PUTRA AR-RIYADH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612019002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA_......pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612019002_Cover_sampai_Lampiran.....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mashur holil. NIM 612019002, Skripsi, dengan judul “METODE KOMUNIKASI DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI PESANTREN PUTRA AR-RIYADH PALEMBANG.” Penelitian ini membahas tentang metode komunikasi dalam membina akhlak santri Pondok Pesantren Putra Ar-Riyadh Palembang, dengan pokok masalah yaitu (1) Bagaimana metode komunikasi yang digunakan dalam membina santri pada Pondok Pesantren Putra Ar-Riyadh Palembang? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat serta solusinya dalam membina akhlak santri pesantren putra Ar-Riyadh Palembang? Dengan tujuan untuk mengetahui metode komunikasi yang digunakan oleh pembina Pondok Pesantren Putra Ar-Riyadh Palembang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi dalam membina akhlak santri pesantren putra Ar-Riyadh Palembang beserta solusinya. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan komunikasi. Subyek terteliti adalah pengasuh atau pimpinan, pembina, pengurus, dan ustadz. Metode pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga metode yang digunakan dalam membina santri yaitu; (1) metode komunikasi informatif yang disampaikan melalui metode ceramah, (2) metode komuniasi persuasif yang bersifat mengajak, memengaruhi dan meyakinkan komunikan, dan (3) metode komunikasi koersif. Adapun faktor penghambat dalam membina santri adalah faktor kepribadian dan latar belakang santri yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran dalam melaksanakan tugasnya sebagai santri sehingga menjadikan santri banyak yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan. Implikasi penelitian ini adalah diharapkan kepada pengasuh dan para pembina agar lebih mempermudah komunikasi serta mengasah terus-menerus kemampuan dalam membina para santri, serta kepada para pengurus Pondok Pesantren Putra Ar-Riyadh agar lebih mengawasi santri dalam menjalankan setiap program agar terciptanya sikap santri yang disiplin. Kata Kunci : Metode Komunikasi, Pondok Pesantren, Membina Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Muhammad Zainudin Nawi, L.c., M.Ag. 2. Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Metode Komunikasi, Pondok Pesantren, Membina Akhlak
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:14
Last Modified: 31 Jan 2024 04:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28069

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.