Asmida Putri Pratiwi, NIM. 702020061 (2024) PERAN DOKTER SEBAGAI GATEKEEPER TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KENTEN LAUT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Text
702020061_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
702020061_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
|
Text
702020061_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
702020061_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
|
Text
702020061_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
702020061_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text
702020061_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
702020061_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Puskesmas adalah pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan kegiatannya secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan dan diharuskan dapat menerapkan prinsip pelayanan kedokteran keluarga dengan mewujudkan perannya sebagai gatekeeper. Penentuan keberhasilan peran dokter sebagai gatekeeper dalam suatu Puskesmas dapat ditinjau dari kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran dokter sebagai gatekeeper terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kenten Laut. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Pada 68 responden dalam penelitian ini, data primer diambil melalui cara pengambilan sampel accidental sampling dengan melakukan wawancara dan pengisian kuesioner ke pasien di Puskesmas Kenten Laut. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan uji alternatif fisher’s exact test dengan aplikasi analisis statistik. Analisis kuesioner univariat didapatkan 94,1% responden menyatakan peran dokter sebagai gatekeeper baik, dan 5,9% responden menyatakan peran dokter sebagai gatekeeper buruk di Puskesmas Kenten Laut. Pasien yang merasa puas 94,1% dan yang merasa tidak puas 5,9% di Puskesmas Kenten Laut. Analisis bivariat terdapat hubungan peran dokter sebagai gatekeeper terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kenten Laut p value (0,000). Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang bermakna antara peran dokter sebagai gatekeeper terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kenten Laut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1: dr. Putri Rizki Amalia Badri, M.KM Pembimbing 2: dr. Miranti Dwi Hartanti, M.Biomed |
Uncontrolled Keywords: | Peran dokter, gatekeeper, kepuasan pasien, kedokteran keluarga |
Subjects: | Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Kedokteran |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 03:33 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 03:33 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28034 |
Actions (login required)
View Item |