M RIZKY EVZA LICONE, NIM. 412019091 (2023) STUDI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SAYURAN DI PASAR TRADISIONAL KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Text
412019091_Cover_sampai_lampiran....pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
RINGKASAN M RIZKY EVZA LICONE “Studi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional Kota Palembang”. (Dibimbing Oleh RAHMAT KURNIAWAN dan SISVABERTI AFRIYATNA). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti karakteristik konsumen sayuran di pasar tradisional Kota Palembang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian sayuran di pasar tradisional Kota Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di pasar tradisional KM 5, 26 Ilir dan Sekip Ujung, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Pada bulan Juni 2023 sampai bulan Juli 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study) untuk metode penarikan contoh menggunakan metode random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan (penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan) dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan karakteritik responden yang membeli sayuran didominasi oleh perempuan yang sudah menikah berada dalam kelompok usia (29-36 tahun), memiliki profesi sebagai ibu rumah tangga dengan tingkat pendidikan sekolah menengah atas, jumlah anggota keluarga sebanyak 4 orang, penghasilan yang dimiliki di atas Rp. 3.600.000 perbulan yang di dukung dari pekerjaan suami untuk ibu rumah tangga dan bagi responden dengan pekerjaan umum sudah memiliki penghasilan tetap dari pekerjaan mereka memiliki pengaruh pada keputusan pembelian sayuran di pasar tradisional Kota Palembang. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di pasar tradisional maka dapat dinyatakan bahwa konsumen memperhatikan kebersihan sayuran yang dijual pada pasar tradisional, Kebersihan sayuran yang dijaga dengan baik oleh produsen atau pemasok seperti tidak adanya kotoran yang menempel di sayuran, konsumen akan beranggapan bahwa sayuran tersebut layak untuk dibeli dan dinilai baik oleh mereka. Sayuran yang segar menjadi prioritas utama konsumen saat melakukan pembelian, konsumen lebih memilih sayur segar untuk langsung dimasak dan menghemat pengeluaran lebih. Terkait harga sayuran juga menjadi alasan karena harganya yang murah dan bersaing. Kualitas sayuran bagi konsumen juga penting, Kualitas juga dilihat dari daya tahan sayuran yang baik, biasanya sayuran dapat bertahan seharian atau tidak apabila disimpan untuk dimasak lagi. Dari sisi kepuasan baik itu pelayanan maupun sayuran yang didapat, konsumen menyatakan puas dengan sayuran yang dibeli.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Agribisnis > Budidaya Tanaman |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Pertanian |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 07:46 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 07:46 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27566 |
Actions (login required)
View Item |