FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMANEN KELAPA SAWIT DI PT PRISMA CIPTA MANDIRI SUNGAI BUNGUR ESTATE KABUPATEN LAHAT

SEPHIA MARDALENA, NIM. 412019047 (2023) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMANEN KELAPA SAWIT DI PT PRISMA CIPTA MANDIRI SUNGAI BUNGUR ESTATE KABUPATEN LAHAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019047__BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412019047__BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
412019047__BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
412019047__BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
412019047__BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
412019047_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
412019047_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019047__COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

SEPHIA MARDALENA. Faktor yang mempengaruhi produktivitas Tenaga Kerja Pemanen Kelapa Sawit di PT. Prisma Cipta Mandiri Sungai Bungur Estate Kabupaten Lahat (dibimbing Oleh SISVABERTI AFRIYATNA dan RAHMAT KURNIAWAN). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui berapa besar produktivitas tenaga kerja pemanen kelapa sawit di PT Prisma Cipta Mandiri Sungai Bungur Estate Kabupaten Lahat dan untuk menganalisis bagaimana pengaruh faktor pengalaman panen, upah panen, usia pemanen, dan hasil panen terhadap produktivitas tenaga kerja pemanenan kelapa sawit di PT. Prisma Cipta Mandiri Sungai Bungur Estate Kabupaten Lahat. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Prisma Cipta Mandiri – Sungai Bungur Estate SP 1 Palembaja Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat pada Bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2023. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Survei. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling, dimana dalam penelitian jumlah anggota populasi terdiri dari 3 divisi dengan jumlah sebanyak 204 orang, dengan jumlah sampel yang diambil menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 67 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan alat bantu berupa kuesioneryang telah disiapkan sebelumnya serta data-data yang didapat dari lembaga-lembaga terkait yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Metode pengolahan data yang digunakan yaitu menggunakan rumus produktivitas Tenaga kerja. Metode analsisi yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian. diketahui bahwa nilai rata-rata produksi TBS/Bulan sebesar 1.216 janjang/Bulan dengan jumlah hari kerja rata-rata sebanyak 22 Hari. Maka tingkat produktivitas tenaga kerja pemanen perhari sebanyak 54 Tandan/Hk. Dari hasil uji statistik secara simultan diperoleh bahwa variabel pengalaman kerja (X1), premi panen (X2), usia pemanen (X3), dan hasil panen (X4) berpengaruh secara nyata atau signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja pemanen (Y). Dari hasil uji F diperoleh F-hitung = 15,872 lebih besar dari F-tabel = 2,25 dengan α = 5% (0,05). Nilai ini menunjukkan secara simultan variabel-variabel bebas (Pengalaman kerja, upah panen, usia pemanen, dan hasil panen) memberikan pengaruh secara nyata terhadap variabel terikat (Produktivitas tenaga kerja pemanen). Dari uji parsial yang dilakukan hanya variabel premi panen (X2), yang berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja sedangkan variabel pengalaman kerja (X1), usia pemanen (X3), dan hasil panen (X4) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat produktivitas tenaga kerja pemanen (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DOSEN PEMBIMBING : 1. Sisvaberti Afriyatna, SP, M.Si 2. Rahmat Kurniawan, SP, M.Si)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : PRODUKTIVITAS, TENAGA KERJA PEMANEN, KELAPA SAWIT
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:18
Last Modified: 26 Oct 2023 03:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.