FIGUR PENDIDIK MENURUT PERSPEKTIF NABI NUH AS

Hafiidzhoh Hasibuan, Nim. 622008049 (2012) FIGUR PENDIDIK MENURUT PERSPEKTIF NABI NUH AS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI145-1704104194.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Nabi Nuh AS. adalah seorang Nabi dan Rasul yang banyak disebut-sebut dalam Al-Qur'an. Penyebutan sampai mencapai 43 kali. Secara garis keturunan, beliau adalah putera dari Amik bin Idris as. dan naik sampai kepada Nabi syits dan Nabi Adam as. jarak antara Nabi Adam as. dan Nabi Nuh as. adalah seribu tahun lebih, sedang dalam kitab Taurat disebutkan bahwa jarak keduanya adalah 1056 tahun. Nabi Nuh as. adalah orang yang pertama dijadikan Rasul yang menduduki kedudukan "Ulul-Azmi". Dia diutus untuk memberi peringatan bagi kaum pembangkang. Adapun figur-figur pendidik yang terdapat dalam kisah Nabi Nuh as. itu sendiri di antaranya : Bertaqwa kepada Allah SWT, pembeli nasehat kepada kebaikan, mempunyai sifat sabar walaupun tak sebanding dengan kesabaran Nabi Muhammad SAW, tidak memaksakan kehendak dan Ikhlas. Kemudian dapat disimpulkan bahwa figur pendidik menurut perspektif Nabi Nuh as adalah orang yang pandai, bijaksana, dan penuh toleransi Allah telah memberinya kemampuan untuk mengadakan pembicaraan yang pandai dengan musuh-musuhnya dan menyakinkan mereka dengan penalaran yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Abu Hanifah, M.Hum. 2. Yusron Masduki, S.Ag., M.Pd.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Joese Putra Yudha
Date Deposited: 22 Oct 2018 05:28
Last Modified: 22 Oct 2018 05:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.