STRATEGI PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH MUARA PADANG DALAM MEMBINA KADERISASI DA'I MUHAMMADIYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MUARA PADANG

ANISAH RAHMAWATI, NIM. 612019026 (2023) STRATEGI PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH MUARA PADANG DALAM MEMBINA KADERISASI DA'I MUHAMMADIYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MUARA PADANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612019026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612019026_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
612019026_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
612019026_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
612019026_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
612019026_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
612019026_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
612019026_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Anisah Rahmawati. NIM 612019026, Skripsi yang berjudul “Strategi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Muara Padang Dalam Membina Kaderisasi Da’i Muhammadiyah Di SMP Muhammadiyah 1 Muara Padang” Kaderisasi da’i merupakan hal penting bagi sebuah organisasi, karena merupakan inti dari kelanjutan perjuangan organisasi ke depan. Kaderisasi adalah sebuah keniscayaan mutlak membangun struktur kerja yang mandiri dan berkelanjutan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apa yang melatarbelakangi berdirinya Pimpinan Cabang Muhammadiyah. Kemudian, bagaimana strategi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Muara Padang dalam membina kaderisasi Da’i di SMP Muhammadiyah 1 Muara Padang dan bagaimanakah problematika yang dihadapi oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah. Bertujuan untuk mempersiapkan calon-calon da’i di pimpinan cabang muhammadiyah muara padang yang siap dan mampu melanjutkan perjuangan sebuah organisasi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah di SMP Muhammadiyah 1 Muara Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah latar belakang berdirinya PCM muara Padang yaitu dikarekan kurangnya lembaga pendidikan yang berbasis Islami dan kuatnya kristenisasi. Kemudian strategi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Muara Padang dalam membina kaderisasi Dai di SMP Muhammadiyah 1 Muara Padang sudah berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu kegiatan kaderisasi da’i sudah sesuai dengan program kerja bidang Pendidikaan SMP Muhammadiyah 1 Muara Padang. Problematika yang dihadapi oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah sendiri adalah kurangnya sumber daya manusia yang militant, pemahaman tentang keorganisasian atau kemuhammadiyahan bagi pengurus masih kurang, kemudian pandangan masyarakat terhadap Muhammadiyah. Sedangkan yang menjadi problematika SMP Muhammadiyah 1 Muara Padang adalah niat dari anak itu sendiri dan dukungan dari kedua orang tua serta fasilitas penunjang yang belum memadai. Kata Kunci : Strategi, kaderisasi, Da’i.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ahmad Jumhan, S.Ag., M.Hum 2. Achmad Tasmi, S.Sos., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi, kaderisasi, Da’i.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:59
Last Modified: 02 Oct 2023 04:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26852

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.