HOIRIYAH, NIM. 342018010 (2023) ANALISIS SOAL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI BIOLOGI KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342018010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (948kB) | Preview |
|
Text
342018010_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
||
Text
342018010_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
||
Text
342018010_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
||
Text
342018010_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
Text
342018010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
||
Text
342018010_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
342018010_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pentingnya keterampilan berpikir kritis bagi siswa dalam proses pembelajaran, bertujuan agar siswa dapat menggunakan potensi pikirannya secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase soal keterampilan berpikir kritis pada materi biologi SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Deskriptif kuantitatif yang dimana penelitian ini dimaksudkan untuk mencari data yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan keterampilan berpikir kritis (KBK) pada materi biologi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua soal Biologi kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang diperoleh adalah soal PTS dan PAS semester ganjil kelas X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen soal PTA dan PTS yang digunakan untuk menganalisis soal keterampilan berpikir kritis (KBK) ada materi Biologi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Data penelitian ini diperoleh dengan teknik pengumpulan data yaitu Dokumentasi, Wawancara, Kuesioner, Dan Observasi. Hasil yang diperoleh pada soal PTS materi biologi kelas X berjumlah 30 butir soal memiliki keterampilan berpikir kritis 19,99% dengan kategori sangat kurang dan soal PTA berjumlah 35 butir soal memiliki keterampilan berpikir kritis 37,11% dengan kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Sulton Nawawi S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Tutik Fitri Wijayanti, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Soal PTS dan PTA, Soal Biologi, Keterampilan Berpikir Kritis. |
Subjects: | Biologi Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar Administrasi Pendidikan > Psikologi Pendidikan Administrasi Pendidikan > Siswa Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 05:43 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 05:43 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26830 |
Actions (login required)
View Item |