Muhammad Athuf, NIM. 132019145 (2023) PERBANDINGAN PARAMETER THROTTLE POSITION SENSOR (TPS) TERHADAP SUDUT THROTTLE VALVE BEBASIS ESP8266. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
132019145_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text
132019145_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
132019145_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
132019145_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
132019145_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
Text
132019145_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
||
Text
132019145_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
||
Text
132019145_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi dan standar emisi yang semakin ketat membuat mesin kendaraan modern beralih ke sistem injeksi yang dilengkapi dengan berbagai komponen dan sensor yang diatur oleh satu sistem kendali, yaitu Engine Control Unit (ECU). Salah satu sensor yang mempengaruhi proses pembakaran di ruang mesin adalah throttle position sensor (TPS). TPS dipasang pada throttle body dan mendeteksi sudut bukaan throttle valve. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat akurasi alat pengukuran parameter TPS berbasis ESP8266. Oleh karena itu dari hasil penelitian, persentase error tegangan output bernilai 21,88%, dapat disimpulkan bahwa alat pengukuran parameter TPS belum layak digunakan, karena berdasarkan acuan pengukuran dari aplikasi MCS milik Astra Motor Sumsel, nilai pengukuran sudut 80° memiliki hasil perhitungan error absolute sebesar 0,34 V, tentunya nilai ini akan berpengaruh terhadap asumsi kerusakan TPS dan asumsi terhadap pengaruh kecepatan mesin sepeda motor (RPM) berdasarkan nilai masukan dari tegangan output TPS yang diproses oleh ECU.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Wiwin A. Oktaviani, S.T., M.Sc 2. Taufik Barlian, M.Eng |
Uncontrolled Keywords: | Throttle Position Sensor, Throttle valve |
Subjects: | Elektro > Elektronika Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 01:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 01:21 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26828 |
Actions (login required)
View Item |