PERBANDINGAN PARAMETER THROTTLE POSITION SENSOR (TPS) TERHADAP SUDUT THROTTLE VALVE BEBASIS ESP8266

Muhammad Athuf, NIM. 132019145 (2023) PERBANDINGAN PARAMETER THROTTLE POSITION SENSOR (TPS) TERHADAP SUDUT THROTTLE VALVE BEBASIS ESP8266. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132019145_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
132019145_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
132019145_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
132019145_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
132019145_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
132019145_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
132019145_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
132019145_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan standar emisi yang semakin ketat membuat mesin kendaraan modern beralih ke sistem injeksi yang dilengkapi dengan berbagai komponen dan sensor yang diatur oleh satu sistem kendali, yaitu Engine Control Unit (ECU). Salah satu sensor yang mempengaruhi proses pembakaran di ruang mesin adalah throttle position sensor (TPS). TPS dipasang pada throttle body dan mendeteksi sudut bukaan throttle valve. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat akurasi alat pengukuran parameter TPS berbasis ESP8266. Oleh karena itu dari hasil penelitian, persentase error tegangan output bernilai 21,88%, dapat disimpulkan bahwa alat pengukuran parameter TPS belum layak digunakan, karena berdasarkan acuan pengukuran dari aplikasi MCS milik Astra Motor Sumsel, nilai pengukuran sudut 80° memiliki hasil perhitungan error absolute sebesar 0,34 V, tentunya nilai ini akan berpengaruh terhadap asumsi kerusakan TPS dan asumsi terhadap pengaruh kecepatan mesin sepeda motor (RPM) berdasarkan nilai masukan dari tegangan output TPS yang diproses oleh ECU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Wiwin A. Oktaviani, S.T., M.Sc 2. Taufik Barlian, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Throttle Position Sensor, Throttle valve
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 30 Sep 2023 01:21
Last Modified: 30 Sep 2023 01:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26828

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.