Irma, NIM. 93218022 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK MAJALAH ELEKTRONIK UNTUK MATERI KUNCI DETERMINASI DAN KLADOGRAM KELAS X MELALUI STUDI ETNOBOTANI DAN FITOKIMIA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
93218022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
93218022_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
Text
93218022_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
Text
93218022_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
93218022_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
Text
93218022_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
Text
93218022_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
||
Text
93218022_COVER_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
ABSTRAK Irma . 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Majalah Elektronik Untuk Materi Kunci Determinasi dan Kladogram Kelas X Melalui Studi Etnobotani dan Fitokimia. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Strata II Universitas Muhammdiyah Palembang. Pembimbing (I) Dr. Yetty Hastiana, M.Si. (II) Dr. Rusdy A. Siroj, M.Pd. Kata kunci: Majalah Elektronik, Hasil Belajar Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar. Untuk itu diperlukan bahan ajar yang menarik yang materinya sesuai dengan kompetensi dasar yang hendak dicapai. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah majalah berbentuk elektronik. Tujuan penelitian untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efek potensial bahan ajar terhadap hasil belajar pada ranah pengetahuan dan ketetampilan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D menggunakan model 4D dengan subjek penelitian, yakni peserta didik kelas X di SMAN 2 Palembang. Hasil penelitian (1) kevalidan bahan ajar berbentuk majalah elektronik untuk materi mendapatkan persentase skor 100% dengan kategori sangat baik, bahasa 89% dengan kategori baik, dan media 75% dengan kategori baik, (2) kepraktisan diketahui bahwa persentase respon peserta didik sebesar 91% dan guru 98% dengan kategori sangat baik, (3) nilai N-gain yang didapat adalah 0,64 yang artinya bahan ajar dalam bentuk majalah cukup berpotensi dalam meningkatkan hasil belajar pada ranah pengetahuan, sedangkan pada ranah keterampilan diketahui bahwa peserta didik mampu membuat dan menyajikan kladogram.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : I. Dr. Yetty Hastiana, M.Si. 2. Dr. Rusdy A. Siroj, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Majalah Elektronik, Hasil Belajar |
Subjects: | Biologi Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA |
Divisions: | PPS Pendidikan Biologi (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 06:51 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 06:51 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26675 |
Actions (login required)
View Item |