DIKY DWI SEPTIAN, NIM. 342017009 (2023) IMPLEMENTASI ASSESSMENT AS LEARNING SIKAP SOSIAL BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342017009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (774kB) | Preview |
|
Text
342017009_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
Text
342017009_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
Text
342017009_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
Text
342017009_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
Text
342017009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
Text
342017009_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
342017009_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Septian, Diky Dwi. 2022. Implementasi Assessment As Learning Sikap Sosial Berdasarkan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Biologi Di Sma Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wardhani, M.Si. (II) Tutik Fitri Wijayanti, S.Pd., M.Pd. Pada Kurikulum 2013, penilaian yang dilakukan diharapkan mengarah pada penilaian autentik yang tercermin dalam Standar Penilaian Kurikulum 2013. Penggunaan asesmen autentik sangat relevan dengan penerapan Kurikulum 2013. Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran). Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan Assessment as Learning sikap sosial dalam pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang oleh guru biologi dan kendala guru dalam mengimplementasikan Assessment as Learning sikap sosial. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara kepada guru biologi dan siswa, dan angket yang akan diberikan kepada guru biologi. Hasil penelitian ini yaitu kepala sekolah telah mengarahkan guru untuk melaksanakan Assessment as Learning. Tujuan dilaksanakannya Assessment yaitu untuk memperbaiki kualitas dari sistem pembelajaran sebelumnya, agar sistem pembembelajaran bisa meningkat. guru biologi telah melaksanakan Assessment as Learning dalam pembelajaran biologi. Assessment as Learning tersebut dilaksanakan oleh guru biologi kelas XI sebanyak lima kali dalam satu semester, yaitu pada akhir bab materi dan guru biologi kelas X sebanyak dua kali dalam satu semester yaitu pada pembelajaran awal semester dan pembelajaran akhir semester. Kendala yang dihadapi kedua guru saat melaksanakan Assessment as Learning terletak pada pelaksanaan dan pembuatan rubrik penilaian, karena pada saat pelaksanaan dikarenakan pembelajaran setelah pandemi ini satu jam pembelajaran berkurang jadi 30 menit jadi belum bisa menilai secara maksimal dan pembuatan rubrik peilaian harus bisa di pahami oleh siswa agar siswa bisa mengisi sesuai dengan kondisi yang ada. Kata Kunci : Assessment as Learning, sikap sosial, pembelajaran k-13
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Hj. Sri Wardhani, M.Si. 2. Tutik Fitri Wijayanti, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Assessment as Learning, sikap sosial, pembelajaran k-13 |
Subjects: | Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 04:56 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 04:56 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26499 |
Actions (login required)
View Item |