Implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan kepribadian siswa kelas x di sekolah menengah atas Aisyah 1 Palembang

Rahmat, NIM. 622019054 (2023) Implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan kepribadian siswa kelas x di sekolah menengah atas Aisyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019054_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622019054_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
622019054_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
622019054_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622019054_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
622019054_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622019054_Cover_sampai_Lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Aisyiyah 1 Palembang, untuk Mengetahui Faktor Pendukung Dan Penghambat Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Aisyiyah 1 Palembang dan untuk Mengetahui Upaya Yang Dilakukan Oleh Guru Untuk Membentuk Kepribadian Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Aisyiyah 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument pokok berupa wawancara sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk melengakapi data yang dibutuhkan. Seluruh data yang berkumpul selanjutnya di olah dan di analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Aisyiyah 1 Palembang sudah menuai hasil yang baik. Hal ini dibuktikan dengan melalui Pendidikan Agama Islam, siswa bisa meningkatkan belajarnya, yang tadinya tidak memahami menjadi paham, yang tidak melaksanakan shalat menjadi melaksanakannya dengan rajin. Dan diperoleh kesimpulan bahwa: Implementasi Pendidikan Agama Islam penting diterapkan dan dilaksanakan untuk membentuk kepribadian siswa, karena didalamnya menanamkan nilai-nilai aqidah Islam. Faktor penghambat ada akhlak yang kurang baik dalam diri siswa diantaranya tingkat kesadaran akan disiplin siswa, maka untuk pembentukan kepribadian diadakan kegiatan Ismuba dengan kurikulum yang mendukung pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, bahasa arab dan kemuhamadiyahan, ada sarana dan prasarana yang lengkap, diskusi atau bertukar pendapat sesama teman. Solusi yang dilakukan guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa kelas X, di antara lain: guru PAI selalu memberikan arahan mengenai akhlak yang benar dan baik, begitu juga memberikan bimbingan. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Agama Islam, Kepribadian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1.Dra.Yuslaini,M.pd 2.Rijalush Shalihin,S.E.I.,M.H.I
Uncontrolled Keywords: Implementasi pendidikan agama Islam, Kepribadian
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:54
Last Modified: 12 Sep 2023 05:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26498

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.