PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

SULAIMAN, NIM. 332019006 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332019006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
332019006 _BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
332019006_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
332019006_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
332019006_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
332019006_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Sulaiman. 2023. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajarann Learning Cycle 5E di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing: (I) Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. (II)Ummu Na'imah., S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran model Learning Cycle 5E, Pemecahan Masalah, sistem persamaan linear dua variabel Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model Learning Cycle 5E di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 4 Palembang tersebut bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru, guru kurang melibatkan siswa, guru kurang menekankan aktivitas siswa sehingga siswa tidak biasa menyelesaikan masalah sendiri. Dampak dari ini hasil belajar yang dicapai tidak memenuhi atau tidak mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yaitu model Learning Cycle 5E. Permasalahan dalam penelitian adalah Bagaimana meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi dan hasil tes siswa. Dari hasil siklus I adalah banyak nya siswa yang mencapai KKM ada 11 siswa dari 28 siswa, peningkatan terjadi pada siklus ke 2 yaitu siswa yang mencapai KKM ada 22 siswa dari 28 siswa. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilihat dari persentase rata-rata siswa untuk setiap indikator kemampuan pemecahan masalah telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian, yaitu a) kemampuan memahami masalah meningkat dari 81,71% menjadi 82,71% b) kemampuan merencanakan masalah meningkat dari 61,81% menjadi 79,37% c)kemampuan melaksanakan rencana penyelesaian masalah meningkat dari 44,23% menjadi 81,49% d) kemampuan menginterpersentasikan hasil meningkat dari 33,33% menjadi 63,39%. Berdasarkan paparan dan temuan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr.Refi Elfira Yuliani,S.Si.,M.Pd 2. Ummu Na'imah, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran model Learning Cycle 5E, Pemecahan Masalah, sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: Matematika > Probabilitas dan Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:30
Last Modified: 11 Sep 2023 01:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26449

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.