PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

NADILA LASTI, NIM. 332019011 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332019011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (688kB) | Preview
[img] Text
332019011_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img]
Preview
Text
332019011_BAB III.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
332019011_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
332019011_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
332019011_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
332019011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
332019011_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
332019011_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Lasti, Nadila. 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. (2) Agus Supriadi, M.Si. Kata Kunci: pembelajaran problem based learning, scaffolding, pemecahan masalah, relasi dan fungsi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melibatkan siswa dalam memecahkan suatu masalah adalah model problem based learning yang dapat menjadi jembatan dalam proses belajar matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang Tahun Ajaran 2022/2023 dengan sampel kelas VIII.U2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.U3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian true experimental design yaitu posstest-only control design. Berdasarkan perhitungan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model problem based learning dengan teknik scaffolding yang berjumlah 35 siswa, diperoleh nilai rata-rata 75,42 dan nilai standar deviasinya adalah 10,068 dan hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tanpa menggunakan model problem based learning dengan teknik scaffolding yang berjumlah 35 siswa, diperoleh nilai rata-rata 61,33 dan standar deviasinya adalah 8,677. Setelah datanya dianalisis, diperoleh nilai t_hitung = 6,274 dan t_tabel=1,995. Ini berarti berada di daerah penolakan H_o artinya H_o ditolak dan H_a diterima. Dengan demikian, hipotesis H_a yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang berarti model problem based learning dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang, diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. 2. Agus Supriadi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pembelajaran problem based learning, scaffolding, pemecahan masalah, relasi dan fungsi.
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:46
Last Modified: 11 Sep 2023 01:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26447

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.