META ANALISIS HASIL PENELITIAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

FEBRIA MAYORA, NIM. 332019005 (2023) META ANALISIS HASIL PENELITIAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332019005_ BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
332019005_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
332019005_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
332019005_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
332019005_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
332019005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
332019005_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
332019005_COVER_ SAMPAI_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Mayora, Febria. 2023. Meta Analisis Hasil Penelitian Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. H. Rusdy A Siroj, M.Pd. (II) Heru, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: meta analisis, PMRI, penelitian pengembangan. Penelitian PMRI mengalami peningkatan karena kesadaran akan pentingnya pembelajaran matematika yang berpusat pada pemahaman konsep dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga memunculkan asumsi bahwa penelitian pengembangan bahan ajar berbasis PMRI adalah jargon yang diulang-ulang dan hasilnya berkontribusi besar terhadap pembelajaran matematika. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui dampak penelitian tersebut terhadap hasil belajar dan juga topik apa saja yang dikembangkan dalam artikel penelitian yang dikaji. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi yang diambil dalam penelitian berupa artikel yang membahas pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan matematika realistik, dengan sampel penelitian sebanyak 100 artikel dengan sebaran 50 artikel pada jenjang SD dan 50 artikel pada jenjang SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembaran pemberian kode (code category). Selanjutnya data yang didapatkan kemudian dianalisis untuk melihat dampak dari penelitian pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan matematika realistic dan untuk mengetahui topik yang dikembangkan dalam penelitian tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa dampak penelitian pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan matematika realistik dikategorikan baik sekali secara berturut-turut pada jenjang SD dan SMP dengan persentase 76% dan 58%. Kemudian topik yang dikembangkan dalam artikel penelitian yang dianalisis paling banyak yaitu Geometri dan Pengukuran dengan persentase secara berturut-turut sebesar 52% dan 54%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. H. Rusdy A Siroj, M.Pd. 2. Heru, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: meta analisis, PMRI, penelitian pengembangan.
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:47
Last Modified: 11 Sep 2023 01:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26446

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.