SUCI MULIYANTI, NIM. 312019016 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DALAM DRAMA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312019016_Bab 1_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
312019016_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
||
Text
312019016_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
||
Text
312019016_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
312019016_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
||
Text
312019016_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
||
Text
312019016_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
Text
312019016_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
Text
312019016_COVER_sampaike_LAMPIRAN_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Muliyanti, Suci. 2023. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Window Shopping terhadap Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur-unsur dalam Drama di Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengaruh, window shopping, unsur-unsur drama. Latar belakang penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami serta mengidentifikasi unsur-unsur dalam naskah teks drama pada kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Window Shopping dapat berpengaruh terhadap hasil belajar menidentifikasi unsur-unsur dalam drama siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Window Shopping dalam mengidentifikasi unsur-unsur dalam drama kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eskperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, yakni tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), angket serta wawancara. Analisis data tes menggunakan uji hipotesis. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir mengidentifikasi unsur-unsur dalam teks naskah dramal kelas eksperimen adalah 87,44, dan tes akhir kelas kontrol mendapatkan rata-rata 73,68. Hasil perhitungan dengan uji-t, menunjukkan nilai t_hitung≥t_tabel = (4,55 ≥ 1,67), karena t_hitung lebih besar dari t_tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima dikarenakan terdapat kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dalam teks naskah drama yang diajarkan menggunakan model pembelajaran window shopping. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “Model Pembelajaran Window Shopping berpengaruh terhadap mengidentifikasi unsur-unsur dalam drama pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, window shopping, unsur-unsur drama |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Drama |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 01:22 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 01:23 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26407 |
Actions (login required)
View Item |