ROHIMA, NIM. 93218016 (2021) ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU IPA PADA MASA PANDEMI DI SMP ISLAM TERPADU SE-KOTA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
93218016_BAB_I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
93218016_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
||
Text
93218016_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
||
Text
93218016_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) |
||
Text
93218016_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
Text
93218016_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
Text
93218016_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
93218016_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Analisis Keterampilan Mengajar Guru IPA Pada Masa Pandemi Di SMP Islam Terpadu Se-Kota Palembang Rohima Rohima. 2021. Analisis Keterampilan Mengajar Guru IPA Pada Masa Pandemi Di Sekolah Islam Terpadu Se-Kota Palembang. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wardhani, M.Si. (II) Dr. Astrid S.W. Sumah.M.Si. ABSTRAK Keterampilan mengajar adalah kecakapan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Delapan indikator keterampilan mengajar yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing kelompok kecil, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan mengajar perorangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru IPA pada masa pandemi di SMP Islam Terpadu Se- Kota Palembang. Penelitian ini dilakukan di di SMPIT Bina Imi dan di SMPIT Al Furqon Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptip kualitatif. Data dalam penelitian ini di dapatkan dengan menggunakan lembar observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) Pada keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru sering tidak menyampaikan langkah-langkah pembelajaran dan kadang-kadang kesimpulan juga terlewat karena kurangnya waktu. (2) Pada keterampilan menjelaskan suara guru terkadang terputus-putus dikarenakan sinyal. (3) Pada keterampilan bertanya, guru sudah memberikan pertanyaan kepada siswa tetapi sebagian besar pertanyaan yang diajukan berupa bertanyaan dasar, pertanyaan lanjutan masih sedikit. (4) Pada keterampilan mengadakan variasi, guru sudah melakukan variasi penggunaan metode, media dan suara dengan baik tetapi belum bisa melakukan variasi posisi mengajar dikarenakan keterbatasan waktu saat mengajar. (5)Pada keterampilan mengelolah kelas guru bisa mengontrol kelas menjadi lebih kondusif, tetapi saat melaukan zoom kadang terjadi kendala sehingga cukup mengganggu konsentrasi guru dalam mengajar. (6) Keterampilan membimbing kelompok kecil dan keterampilan mengajar perorangan sulit dilakukan guru pada pembelajaran daring. (7) Keterampilan penguatan verbal dilakukan guru dengan baik, keterampilan non verbal paling banyak digunakan yaitu ancungan jempol. (8) Keterampilan mengajar perorangan hanya dapat dilakukan guru dengan memberikan sikap kehangatan berupa senyuman, guru sulit untuk melakukan pendekatan kepada masing-masing siswa yang mengalami kesulitan. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, guru, Sekolah Islam Terpadu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Dr. Astrid S.W. Sumah, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Mengajar, guru, Sekolah Islam Terpadu |
Subjects: | Biologi Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA |
Divisions: | PPS Pendidikan Biologi (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 07:18 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:18 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26313 |
Actions (login required)
View Item |