ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI EKSPRESIF DALAM FILM SAYAP-SAYAP PATAH KARYA RUDI SOEDJARWO TINJAUAN PRAGMATIK TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Khoirina, NIM. 312019002 (2023) ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI EKSPRESIF DALAM FILM SAYAP-SAYAP PATAH KARYA RUDI SOEDJARWO TINJAUAN PRAGMATIK TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312019002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
312019002_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
312019002_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
312019002_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] Text
312019002_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312019002_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
312019002_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
312019002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
312019002_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Khoirina. 2023. Analisis Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif dalam Film Sayap-Sayap Patah Karya Rudi SoedjarwoTinjauan Pragmatik terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Sarjana (S1) Pembimbing I Surismiati, S.Pd., M.Pd., II Dr. Gunawan Ismail, M.Pd., Kata kunci : analisis, tindak tutur ilokusi ekspresif, film, pragmatik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi ekspresif dalam film Sayap-Sayap Patah Karya Rudi Soedjarwo Tinjauan Pragmatik terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Melalui film secara tidak langsung mampu memberikan manfaat bagi penonton. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tinjauan Pragmatik yang terdapat dalam film sayap-sayap patah karya Rudi Soedjarwo yang berkaitan dengan teroris dan kejahatan, memperbaiki kisah cinta dua orang pasangan tinjauan Pragmatik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif dalam Film Sayap-Sayap Patah Karya Rudi Soedjarwo Tinjauan Pragmatik terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini adalah film sayap-sayap patah merupakan film drama laga dan kisah cinta dua orang berpasangan yang tayang di bioskop Indonesia pada 18 Agustus 2022 dengan durasi 1jam 50 menit. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dan teknik analisis data dan teknik simak libat bebas cakap yang dilanjutkan dengan teknik transkripsi dan teknik catat yang memiliki hasrat dan proyeksi bagi generasi selanjutnya untuk menemukan siapa penyebab terjadinya peledakan Bom di Marko (Markas Komando) Brimob. Hasil penelitian ini terkait dengan Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif dalam Film SayapSayap Patah karya Rudi Soedjarwo Tinjauan Pragmatik terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Surismiati, S.Pd., M.Pd. 2. Dr. H. Gunawan Ismail, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, tindak tutur ilokusi ekspresif, film, pragmatik.
Subjects: Bahasa Indonesia > Drama
Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia > Linguistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:01
Last Modified: 04 Sep 2023 00:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26286

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.