PENGARUH MEDIA ANIMASI KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA PENDEK SISWA KELAS VIISMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Irma Andriyani, NIM. 312019009 (2023) PENGARUH MEDIA ANIMASI KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA PENDEK SISWA KELAS VIISMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312019009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text
312019009_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
312019009_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
312019009_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312019009_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
312019009_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
312019009_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
312019009_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
312019009_ Coper_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Andriyani Irma ,2023. Pengaruh Media Animasi Kartun Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Palembang, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.FakultasKeguruanDanIlmuPendidikanUniversitasMuhammadiyahPalemb ang.Pembimbing: (I) Drs. Danto, M.Pd.,Pembimbing: (II) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata Kunci:Pengaruh, Media animasi kartun, Cerpen Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penggunaan Media animasi kartun terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pendek pada siswa kelas VII SMPMuhammadiyah 1 Palembang berjumlah 87 siswa. Sampeldalam penelitian ini, peneliti mengambil dua kelas yang akan diteliti VII B untuk kelas eksperimen dan kelas VII C untuk kelas kontrol. Metode PenelitianMetode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian Aktifitas siswa menunjukkan bahwa pada umumnya persentase siswa yang aktif selama proses pembelajaran berlangsung berdasarkan aspek yang diamati telah mengalami peningkatan sebesar 10% jika dibandingkan dengan aktivitas kelas kontrol.KesimpulanPenggunaan animasi kartun berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pendek kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Palembang . Hal ini bisa dilihat dari adanya perbedaan keterampilan menulis cerpen antara kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media animasi kartun dan kelas kontrol yang diberi pembelajaran secara konvensional. Hasil uji analisis statistik Wilcoxon dan Mann Whitney pada nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol keduanya menunjukkan nilai signifikasi Asymp.Sig.(2-tailed) = < 0,05. Maka dari kedua hasil uji analisis statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi kartun terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita Pendek SMP Muhammadiyah 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Drs. H, Mustofa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Pengaruh, Media animasi kartun, Cerpen
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:26
Last Modified: 01 Sep 2023 01:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26268

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.