PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGRI 1 MUARA SUGIHAN

SUGENG PRIYANTO, NIM. 322019001 (2023) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGRI 1 MUARA SUGIHAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322019001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
322019001_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
322019001_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
322019001_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
322019001_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
322019001_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
322019001_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
322019001_ Coper_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sugeng Priyanto, 2023. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negri 1 Muara Sugihan. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing I Dr. Herman Seri, Pebimbing II Winda Lestari Kata Kunci : Peranan Guru, Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilakukan di SMP Negri 1 Muara Sugihan yang beralamat di Desa Marga Rukun Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Guru merupakan peran yang sangat penting dalam pendidikan disekolah, masa depan anak didik banyak tergantung kepada bagaimana guru mengajar. Sehingga kurang tepat jika ada orang yang berpandangan bahwa peran guru hanya mengajar dan mendidik saja. Rumusan masalah dalam penelitian Bagaimana Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negri 1 Muara Sugihan. Tujuan Penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negri 1 Muara Sugihan. Yang menjadi Subjek Penelitian ini adalah kepala sekolah ,guru dan siswa yang ada di SMP Negri 1 Muara Sugihan, Metode Yang digunakan adalah Kualitatif. Kesimpulan Berdasarkan hasil dari pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negri 1 Muara Sugihan adalah dengan cara memberi dorongan kepada siswa untuk menumbuhkan minat dan semangat belajar siswa dari luar maupun dari dalam diri siswa itu sendiri untuk mencapai hasil yang diinginkan . Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, Guru, dan siswa. Hasil Wawancara dengan kepala sekolah diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa adalah dorongan yang dilakukan oleh pendidik kepada siswa atau kepeserta didiknya dengan cara, memberikan tugas, memberikan angka, memberikan pujian dan hukuman yang bersipat mendidik, dengan tujuan agar siswa termotivasi untuk belajar baik dari luar maupun dari dalam diri siswa itu sendiri. Selanjutnya wawancara dilakukan kepada guru SMP Negri 1 Muara Sugihan dari hasil wawancara dengan guru di atas Motivasi Belajar Siswa adalah salah satu upaya pendidi atau guru untuk menumbuhkan minat belajar siswa baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal siswa dan baik dari dalam diri siswa atau pun dari luar siswa itu sendiri. Dan hasil wawancara kepada siswa SMP Negri 1 Muara Sugihan dari Hasil wawancara diata dapat disimpulkan bahwa motivasi dalam belajar siswa iyalah dorongan yang siswa rasakan atau dengarkan melalui pengelaman orang lain dan secara tidak langsung menjadi motivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Herman Seri. M.Pd. 2. Winda Lestari. S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peranan Guru, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Administrasi Pendidikan > Aspek Sosial Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:11
Last Modified: 30 Aug 2023 02:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26250

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.