ASPEK SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL SEHIDUP SESURGA DENGANMU KARYA ASMA NADIA

AMI OKAVIANI, NIM 312019028 (2023) ASPEK SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL SEHIDUP SESURGA DENGANMU KARYA ASMA NADIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312019028_COVER_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312019028_BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
312019028_BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
312019028_BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
312019028_BAB V..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
312019028_BAB VI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
312019028_DAFTAR PUSTAKA..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
312019028_LAMPIRAN....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312019028_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Okaviani, Ami. 2023. Aspek Sosiologi Sastra dalam Novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang (I). Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd., dan Pembimbing (II). Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. Kata kunci : sosiologi sastra, novel Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek sosiologi sastra dalam novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif digunakan peneliti dalam meneliti sebuah novel yang berjudul Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia. Hal ini berkaitan dengan data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata yang diambil dari novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia. Penggunaan metode deskriptif kualitatif tersebut untuk memahami aspek sosiologi sastra yang ada di dalam Novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia. Dari hasil analisis aspek sosiologi sastra dalam novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia ini menjelaskan bahwa: (1) Aspek sosial sangat erat kaitanya dengan kehidupan di masyarakat yang mendalam meliputi segala hasil aktivitas hubungan manusia dengan alam sekitarnya, (2) Aspek ekonomi yang berkaitan dengan penghasilan suatu masyarakat atau kekayaan sejalan dengan prinsip-prinsip nilai ekonomi ialah tata kehidupan perekonomian urusan keuangan rumah tangga dan kelas sosial yang menggolongkan manusia satu dengan yang lain berdasarkan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, (3) Aspek etika , dalam novel tersebut lebih cenderung pada sisi pribadi, (4) Aspek keluarga adalah sekelompok orang yang terdiri dari kepala keluarga dan anggotanya dalam ikatan pernikahan yang hidup dalam satu tempat tinggal, memiliki aturan yang ditaati secara bersama, dan (5) Aspek hukum merupakan bagian dari kajian yang menghubungkan anatara manusia. Sebagai makhluk sosial dengan suatu norma atau aturan yang berlaku. Dapat disimpulkan bawah aspek sosiologi sastra sangat erat kaitanya dengan pembahasan karya sastra novel sehingga Novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia ini dapat dijadikan bahan dalam pembahasan yang berkaitan dengan analisis novel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd 2. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd
Uncontrolled Keywords: sosiologi sastra, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:10
Last Modified: 22 Aug 2023 04:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26178

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.