KAJIAN PSIKOANALISIS TERHADAP TOKOH-TOKOH DALAM FILM MERINDU CAHAYA DE AMSTEL KARYA HADRAH DAENG RATU DALAM KAITAN DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMP

RAHMADANIA SAFITRI, NIM. 312019015 (2023) KAJIAN PSIKOANALISIS TERHADAP TOKOH-TOKOH DALAM FILM MERINDU CAHAYA DE AMSTEL KARYA HADRAH DAENG RATU DALAM KAITAN DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312019015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312019015_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
312019015_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
312019015_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
312019015_ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
312019015_ BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
312019015_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
312019015_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312019015_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Safitri, Rahmadania. 2023. Kajian Psikoanalisis Terhadap Tokoh-tokoh Dalam Film Merindu Cahaya De Amstel Karya Hadrah Daeng Ratu Dalam Kaitan Dengan Pembelajaran Sastra Indonesia Di SMP. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1). FKIP. Pembimbing (I) Drs. H. Mustofa, M.Pd., (II) Dra. Hj. Listini, M.Pd. Kata kunci: Kajian, Psikoanalisis, Tokoh-tokoh, Film Kajian berasal dari kata kaji yang berarti penyelidikan tentang sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan psikologis tokoh-tokoh dalam film Merindu Cahaya De Amstel karya Hadrah Daeng Ratu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) adakah bentuk dinamika kepribadian tokoh-tokoh dalam film Merindu Cahaya De Amstel karya Hadrah Daeng Ratu? 2) adakah bentuk mekanisme pertahanan ego tokoh-tokoh dalam film Merindu Cahaya De Amstel karya Hadrah Daeng Ratu? dan 3) adakah bentuk keterkaitan psikologis terhadap pembelajaran sastra Indonesia di SMP?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bentuk dinamika kepribadian tokoh-tokoh dalam film Merindu Cahaya De Amstel karya Hadrah Daeng Ratu, 2) untuk mengetahui bentuk mekanisme pertahanan ego tokoh-tokoh dalam film Merindu Cahaya De Amstel karya Hadrah Daeng Ratu, dan 3) untuk mengetahui bentuk keterkaitan psikologis terhadap pembelajaran sastra di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini yaitu film Merindu Cahaya De Amstel karya Hadrah Daeng Ratu yang berdurasi 1 jam 47 menit. Hasil analisis ini membuktikan bahwa dalam film Merindu Cahaya De Amstel karya Hadrah Daeng Ratu terdapat bentuk-bentuk psikologis tokoh-tokoh, yaitu; 1) Dinamika kepribadian yang terdiri dari naluri kematian dan keinginan mati dan kecemasan (anxitas). 2) Mekanisme pertahan ego yang tediri dari represi (repression), sublimasi, proyeksi, pengalihan (displacement), rasionalisasi (rationalization), reaksi formasi (reaction formation), regresi, dan agresi apatis. Berdasarkan prespektif bahwa siswa SMP menggunakan mekanisme pertahanan ego diri untuk menghadapi suatu bentuk kecemasan hanya saja bentuk yang digunakan berbeda-beda. Kecemasan (anxitas), proyeksi, rasionalisasi (rationalization), dan apatis adalah bentuk pertahanan ego diri yang paling dominan digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Mustofa, M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kajian, Psikoanalisis, Tokoh-tokoh, Film
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:19
Last Modified: 18 Aug 2023 03:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26163

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.