Kajian Ekranisasi Novel Waktu Aku Sama Mika Karya Indi Taufik Ke Film Mika Karya Fauzia LS Melaluhi Struktural Fiksi (Relevansi Pengajaran Sastra Di SMA)

MIYA ASRO YENI, NIM. 312019010 (2023) Kajian Ekranisasi Novel Waktu Aku Sama Mika Karya Indi Taufik Ke Film Mika Karya Fauzia LS Melaluhi Struktural Fiksi (Relevansi Pengajaran Sastra Di SMA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312019010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (989kB) | Preview
[img] Text
312019010_BAB 2_II.PDF..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
312019010_BAB III.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
312019010_BAB IV.PDF.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312019010_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
312019010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
312019010_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Yeni, Miya Asro. 2023. Kajian Ekranisasi Novel Waktu Aku Sama Mika Karya Indi Taufik ke Film Mika Karya Fauzia LS Melalui Struktural Fiksi (Relevansi Pengajaran Sastra Di SMA). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Supriatini, S.Pd, M. Pd., (II) DRS. H. Refson, M. Pd. Kata Kunci : Analisis, Kajian Ekranisasi, Struktural Fiksi. Penelitian ini merupakan hasil suatu penggambaran tentang analisis yang dapat menjadi penyanding materi ajar Bahasa Indonesia, khususnya di tingkat SMP/MTS, SMA/MA. Hasil analisis ini dapat menjadi sumber rujukan dan juga media alternatif pada saat mengajar secara lisan maupun tulisan, terkhusus pembelajaran sastra. Oleh karena itu seorang guru terutama guru Bahasa Indonesia harus dapat memantaafkan semua sumber daya yang ada, pada era digitalisasi seperti sekarang tentu ini sangat bermanfaat sebagai media pintu masuk untuk pemamparan materi dan juga dapat memperkaya bahan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Selama ini, pendidikan yang dilaksanakan kepada peserta didik adalah sebatas menciptakan peserta didik yang mempunyai pengetahuan yang banyak, tanpa harus menerapkan pengetahuannya tersebut. Tetapi, guru dalam mengimplikasikan itu memerulukan pengetahuan pada ilmu tersebut. Sehingga, pengetahuan yang dimiliki guru dan perserta didik tidak sebatas pada sifat normative saja tapi harus diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui struktur novel Waktu Aku Sama Mika yang telah mengalami ekranisasi ke film Mika. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif analisi kompratif. Hasil dari kajian ekranisasi ini adalah (1) Penciutan tokoh, latar, dan alur. Bagian ini hanya dilakukan pada novelnya untuk menyesuaikan alur cerita pada filmnya. (2) Penambahan tokoh, latar, dan alur. Bagian ini dilakukan di dalam filmnya agar jalan cerita berjalan lebih realistis dan menarik bagi penonton. (3) Perubahan varisasi tokoh, latar, dan alur. Bagian ini dilakukan pada filmnya supaya dapat menyusuaikan biaya pembuatan film.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Supriatini,S.Pd.M.Pd. 2. Drs. H. Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis, kajian Ekranisasi, struktural Fiksi
Subjects: Bahasa Indonesia > Drama
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:41
Last Modified: 16 Aug 2023 06:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26159

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.